Metro Bintan

Forum STD Bintan, Komitmen Perbanyak Bank Sampah

Acara STD Bintan Gathering ke 4 di Mutiara Beach Resort Bintan, Pantai Trikora, Selasa (26/2). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Sejumlah elemen yang tergabung dalam Forum Sustainable Tourism Destination (STD) menggelar STD Bintan Gathering ke-4 di Mutiara Beach Resort Bintan, Kawasan Wisata Pantai Trikora, Selasa (26/2).

Salah seorang inisiator Forum STD, Henry menuturkan, STD Bintan Gathering dihadiri 44 anggota STD Forum dari berbagai organisasi, pemerintah, swasta, masyarakat, sekolah dan pendidikan tinggi.

Sebelumnya, pertemuan digelar di Banyan Tree Bintan, Desa Pengudang, dan Safari Lagoi.

Kali ini tujuannya untuk mendiskusikan bagaimana pengelolaan sampah, upaya menyadarkan masyarakat dalam pengelolaan sampah dan memajukan wisata berkelanjutan di Bintan.

Diakuinya, permasalahan utama sampah di Bintan adalah masalah mindset masyarakat, dan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih kurang.

Oleh karena itu, ke depan Forum STD Bintan berkomitmen bagaimana Bank Sampah di  banyak tempat, lalu pendidikan sampah mulai dari usia sekolah, pengolahan sampah menjadi bahan kerajinan yang bisa mendatangkan manfaat ekonomi, dan peraturan dari pemerintah untuk mengurangi sampah plastik.

Setelah pertemuan ini, ia berharap akan ada pertemuan lanjutan di tingkat desa dan kelurahan. “Kami harapkan ke depan  membahas lebih teknis untuk menghasilkan aksi nyata yang lebih kongkrit,” tutup dia.

Sekedar diketahui Forum STD ialah sebuah forum untuk mendorong percepatan wisata berkelanjutan dengan melibatkan berbagai elemen termasuk pemerintah.

Dalam forum ini juga mendorong ke inisiatif dan inovasi model bisnis pariwisata berkelanjutan. Juga sebagai wadah melakukan pertukaran informasi antar-destinasi di dalam implementasi pembangunan berkelanjutan.(met)