Kabar Pemkab

Tingkatkan Sarpras Rumah Ibadah

Pemkab Anggarkan Rp 25,7 Miliar

Bupati Bintan, Apri Sujadi silaturahmi bersama santri – santriwati di Surau As Salam, Tanjunguban Selatan, Kecamatan Bintan Utara, Sabtu (2/3) sore. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Untuk meningkatkan sarana dan prasarana (sarpras) rumah ibadah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan mengalokasikan Rp 25,7 miliar.

Beberapa rumah ibadah yang menjadi prioritas peningkatan sarpras diantaranya, Masjid Al Musabirin di Kampung Pulau Sirai, Desa Mantang Besar Kecamatan Mantang, pembangunan toilet  Gereja RT 008 Desa Kelong Kecamatan Bintan Pesisir, pembangunan semenisasi beton bertulang halaman Vihara Dharma Shanti, Kecamatan Bintan Utara, dan juga peningkatan sarpras Masjid Ar Rahman Kampung Belak Desa Penaga Kecamatan Teluk Bintan.

Bupati Bintan Apri Sujadi menyampaikan, peningkatan sarpras rumah ibadah selalu menjadi perhatiannya karena sudah menjadi komitmennya yang akan terus dilakukan.

Tahun ini saja, Pemkab Bintan mengalokasikan sekitar Rp 25,7 miliar untuk peningkatan sarpras TPA, TPQ, masjid, surau, kelenteng hingga gereja. Tahun ini terjadi peningkatan sebesar Rp 16,3 miliar dibandingkan tahun 2018 sebesar Rp 9,4 miliar lebih.

Harapannya, pihaknya bisa mengerjakan lebih banyak lagi peningkatan kualitas sarpras rumah ibadah seperti pembangunan tempat wudhu masjid dan musala (surau), peningkatan sarana wudhu, pemasangan paving blok, keramik hingga pembangunan gerbang dan toilet serta semenisasi halaman untuk gereja dan kelenteng.

“Khususnya juga di beberapa lokasi yang belum sempat tersentuh pada masa-masa sebelumnya,” katanya.

Ia juga mengharapkan, kepedulian pemerintah melalui peningkatan sarpras rumah ibadah bisa membuat umat merasa lebih aman, nyaman dan tenang dalam menunaikan ibadah. (met)