Kabar Pemkab

Apri : Keberhasilan Daerah Harus Dimulai dari Desa

Bupati Bintan, Apri Sujadi menyaksikan Penandatanganan Pakta Integritas dan Penyerahan DPA APBDes Tahun 2019 di Aula Kantor Bupati Bintan, Selasa (5/3) pagi. F.Dinas Kominfo Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Bupati Bintan, Apri Sujadi menyampaikan, keberhasilan dan kemajuan daerah harus dimulai dari desa.

“Pembangunan dari desa, dari situ daerah kita juga akan ikut tumbuh dan berkembang,” kata Apri usai penandatanganan pakta Integritas dan Penyerahan DPA APBDes Tahun 2019 di Aula Kantor Bupati Bintan, Selasa (5/3).

Dia menyebutkan, lebih dari Rp 104 miliar digelontarkan untuk desa.

Oleh karena itu, pemerintah desa mesti bisa memanfaatkan alokasikan anggaran dengan sebaik-baiknya sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

Apri juga menyebutkan geografis wilayah Bintan memang menjadi tantangan tersendiri dalam pemerataan pembangunan.

Untuk itulah, sinergitas dari aparatur desa juga memiliki peran penting.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bintan, Ronny Kartika menyebutkan banyak kemajuan yang dialami oleh berbagai desa yang ada di Kabupaten Bintan. Progresnya hingga saat ini pun terus berlanjut.

“Tahun 2018 ada 24 BUMDes dengan penghasilan lebih dari Rp 500 juta, dari situ bisa menyumbang PADes lebih dari Rp 200 juta. Tahun ini, di Bintan telah meningkat menjadi 34 BUMDes. Harapan kita atas upaya kita bersama tentu kita tidak mudah berpuas diri dan terus memaksimalkan lagi,” paparnya.

Total pagu dana yang telah digelontarkan untuk desa dalam kurun waktu 2015-2019 lebih dari Rp 348 miliar. Besarnya perhatian pemerintah pusat diiringi perhatian dan komitmen dari Pemerintah Kabupaten Bintan memberi jalan bagi pengembangan infrastruktur pedesaan maupun sarana non fisik lainnya.

Upaya pemerintah daerah dalam memotivasi setiap perangkat desa juga dalam berbagai penghargaan yang diberikan. Seperti penghargaan bagi desa tercepat dalam penyusunan APBDes Tahun 2019 yang diberikan kepada Desa Ekang Anculai, Desa Numbing dan Desa Mantang Lama.

Seluruh desa yang ada di Bintan juga secara resmi menjalin kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan sebagai protektif dalam melaksanakan tugas.(met)