Metro Bintan

Dipasang Sembarangan, 23 APK Dicopot Satpol PP

Satpol PP Kecamatan Toapaya menertibkan spanduk yang melanggar aturan zonasi di Kilometer 20 Desa Toapaya Selatan, Selasa (5/3) siang. F.Panwaslucam Toapaya untuk Batam Pos

batampos.co.id – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, pemasangan alat peraga kampanye (APK) makin banyak bertebaran. Namun masih banyak juga pemasangan APK yang melanggar aturan zonasi.

Selasa (5/3) siang, Satpol PP Kecamatan Toapaya disaksikan Panwaslu Toapaya melakukan penertiban APK. Sebanyak 23 spanduk caleg baik DPR RI, DPRD Provinsi Kepri, dan DPRD Kabupaten Bintan dicopot.

Anggota Panwaslu Kecamatan Toapaya Divisi Pelanggaran dan Penindakan, Safe’i menyampaikan, pihaknya sudah memberikan teguran baik berupa lisan maupun tertulis. Hanya teguran yang diberikan tidak diindahkan.

“Setelah konsultasi dengan Bawaslu, akhirnya 23 spanduk ditertibkan,” katanya.

Dia mengatakan, penertiban APK berdasarkan Surat Keputusan (SK) KPU Bintan. Dari 23 spanduk yang ditertibkan, sebagian besar melanggar aturan zona. Bahkan ada yang diikat di pohon.

Dia juga mengimbau kepada caleg supaya mengindahkan aturan yang berlaku. Jika ditemukan spanduk di luar aturan zonasi, pihaknya akan tetap menertibkan.(met)