Kabar Pemkab

104.676 Warga Bintan Berobat Gratis

Apri : Cukup Tunjukkan e-KTP, Langsung Dilayani

Bupati Bintan, Apri Sujadi memeriksa layanan kesehatan di Puskesmas Kijang, Kecamatan Bintan Timur belum lama ini. F.Dinas Kominfo Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Dua tahun terakhir, Dinkes Bintan mencatat sudah 104.676 warga Bintan yang berobat gratis menggunakan e-KTP. Oleh karenanya, Pemkab Bintan akan melanjutkan program tersebut di tahun 2019.

Bupati Bintan, Apri Sujadi merasa senang karena program berobat gratis di puskesmas tepat sasaran sebab sudah dimanfaatkan  masyarakat Bintan yang kurang mampu dan atau belum tercover kartu BPJS. Terlebih tujuan dari program ini untuk meringankan beban masyarakat di bidang kesehatan.

Program ini menurutnya menjadi salah satu program unggulan Pemkab Bintan, dimana masyarakat bisa berobat tanpa harus merogoh kocek sedikitpun.

Pasien yang berobat menggunakan program ini juga memiliki keunggulan bila berobat dari puskesmas kemudian harus dirujuk ke RSUD, maka pemerintah daerah juga akan memfasilitasi untuk pengurusan Kartu BPJS hingga mendapatkan perawatan gratis rawat inap di kelas tiga.

“Antusiasme masyarakat terhadap program berobat gratis di Puskesmas sangat tinggi. Cukup Tunjukkan e-KTP, langsung dilayani,” ujarnya ditemui di kantor Bupati Bintan, Rabu (6/3).

Hal ini melihat dari data angka kunjungan 2 tahun terakhir, masyarakat berobat dengan hanya menggunakan KTP Bintan di Puskesmas juga tinggi.

Pemerintah lanjutnya mencoba membuat program yang dapat menyentuh, bermanfaat dan dirasakan langsung oleh masyarakat.”Saran dan masukan dari masyarakat juga kita harapkan, untuk penyempurnaan setiap program pemerintah,”  tutupnya. (met)