Metro Bintan

Warga Singapura KTP Bintan, Tak Terdaftar di DPT

Komisioner KPU Bintan, Haris Daulay. F.Dokumentasi Haris Daulay untuk Batam Pos

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bintan telah menyisir Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 terkait ditemukannya 1 Warga Negara Singapura yang mengantongi KTP Bintan. Hasilnya, KPU Bintan tidak menemukan Warga Negara Asing (WNA) yang masuk di DPT.

Komisioner KPU Bintan, Haris Daulay yang dihubungi, Minggu (9/3) siang mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) BintanĀ  sehubungan adanya 1 WNA yang memiliki KTP Bintan.

Setelah disisir di DPT, ia mengatakan, tidak menemukan warga negara Singapura tersebut di dalam DPT.

“Betul bang. Tidak ada di DPT,” jawabnya singkat.

Sementara Kasi Pendataan di Disdukcapil Bintan, Budiana juga membenarkan bahwa warga Singapura yang memiliki KTP Bintan tidak terdaftar di DPT Bintan.

“Tadi saya sudah koordinasi dengan Ketua KPU Bintan bahwa WNA tersebut tidak terdaftar di DPT,” katanya.

Sebelumnya Budi juga menjelaskan bahwa WNA bisa memiliki KTP karena diatur dalam undang-undang. Hanya WNA yang memiliki KTP, tidak boleh menggunakan hak suaranya dan tidak boleh menerima bantuan sosial.

Diberitakan sebelumnya, Disdukcapil Bintan menginformasikan adanya warga negara Singapura yang memiliki KTP Bintan. Warga Singapura tersebut memiliki KTP Bintan karena perihal keluarga yang tinggal di Tanjunguban Kecamatan Bintan Utara.

Usai menerima informasi itu, KPU berencana menyisir DPT karena dikhawatirkan warga Singapura itu masuk di DPT.(met)