Metro Bintan

90 WNA Punya Izin Tinggal di Bintan

Pelayanan administrasi kependudukan di kantor Disdukcapil Bintan yang berlokasi di Tanjungpinang, Senin (11/3). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Sekitar 90 warga negara asing (WNA) memiliki izin tinggal yang sah di Kabupaten Bintan. Diantaranya mereka sebagai pemegang surat keterangan Izin Tinggal Permanen (KITAP) dan Keterangan Izin Tinggal Sementara (KITAS). Sedangkan untuk pemegang KTP, hanya 1 warga negara asing.

Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bintan, Irianto, Senin (11/3).

Untuk warga negara asing yang mengantongi KTP, ia menjelaskan bahwa yang bersangkutan mendaftarkan diri untuk memperoleh identitas kependudukan pada tahun 2014. KTP yang bersangkutan, katanya, pernah diperpanjang sesuai masa berlaku yang diberikan Imigrasi.

Dia juga menjelaskan, secara aturan undang-undang, warga negara asing boleh memiliki KTP, namun harus memenuhi persyaratan yang ketat diantaranya memiliki izin dari Imigrasi dan memenuhi UU Administrasi dan Kependudukan (Adminduk).

Dia juga menjelaskan, kepemilikan KTP bagi warga negara asing hanya sebatas domisili. WNA, katanya tidak memiliki hak seperti WNI.

Dimana, WNA yang memiliki KTP tidak bisa mendapatkan bantuan pemerintah dan tidak memiliki hak untuk memilih dalam pemilu.

“Misalkan kalau WNI, kan ada mendapatkan pelayanan kesehatan, kalau WNA, dia sendiri yang urus,” tutup dia.(met)