Metro Bintan

Formulir C-1 Plano Tak Berstiker Hologram

KPU Bintan Akan Minta ke KPU Pusat

Petugas pelipatan menemukan formulir C-1 Plano yang belum ada stiker hologramnya saat proses penyortiran di Kantor KPU Bintan, Senin (11/3). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bintan menemukan banyak formulir C-1 Plano untuk DPR RI yang cacat. Hal ini terungkap saat petugas melakukan penyortiran logistik pemilu di sekretariat KPU Bintan.

Ketua KPU Bintan, Ervina Sari yang ditemui di kantornya berlokasi di Jalan Tata Bumi, Ceruk Ijuk, Desa Toapaya Selatan, Kecamatan Toapaya, Senin (11/3) mengakuinya.

Ia menjelaskan, diantaranya banyak formulir C-1 Plano yang tidak ada hologram di bagian ujung atas sebelah kanan.

Terkait hal ini, pihaknya akan menyampaikan ke KPU Provinsi Kepulauan Riau untuk diteruskan ke KPU Pusat.

“Kita akan sampaikan, supaya dikirim stiker hologramnya,” kata dia.

Saat ini, katanya, petugas penyortiran sedang menyortir. Setelah ada stiker hologramnya, lanjutnya, baru bundelan kertas rekapan rekapitulasi ini baru didistribusikan ke PPK.

Selain itu, Ervina mengatakan, surat suara lainnya sudah selesai dilipat. Sejauh ini hanya ada 4 lembar surat suara yang rusak. Dari 4 itu, ditemukan ada surat suara yang sobek sedikit dan ada yang terbelah dua.

Berdasarkan data KPU Bintan, surat suara yang selesai dilipat sebanyak 529.820 lembar terdiri surat suara DPR RI sebanyak 105.698 lembar, surat suara DPRD Provinsi sebanyak 105.799 lembar, untuk DPRD Kabupaten Bintan Dapil 1 sebanyak 38.626 lembar, Dapil 2 sebanyak 11.845 lembar, Dapil 3 sebanyak 30.852 lembar, Dapil 4 sebanyak 24.313 lembar.

Sedangkan jumlah surat suara untuk DPD RI sebanyak 106.042 lembar dan untuk surat suara calon Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 106.645 lembar.

“Jumlah surat suara yang selesai dilipat masih kurang dari kebutuhan jumlah pemilih di Bintan. Kita akan usulkan setelah rapat pleno DPTHP 17 Maret nanti,” tutup dia.(met)