Metro Bintan

KPU Bintan Layani Dokumen Pindah TPS

Komisioner KPU Bintan, Haris Daulay. F.Haris Daulay untuk Batam Pos

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bintan melayani pemilih yang ingin mengurus dokumen pindah Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga 17 Maret 2019. Hal ini diatur dalam Surat Edaran (SE) 334 KPU RI bahwa pengurusan pindah memilih berakhir 17 Maret 2019 sekitar pukul 16.00 WIB atau 30 hari menjelang pemungutan suara.

Komisioner KPU Bintan, Haris Daulay membenarkan aturan ini sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 dan PKPU Nomor 37 Tahun 2018 tentang penyusunan daftar pemilih di dalam negeri.

“Paling lama 30 hari menjelang hari pemungutan suara, yaitu 17 Maret Pukul 16.00 WIB mendatang,” ujarnya.

Hingga saat ini, katanya ada sebanyak 641 pemilih yang mengurus dokumen pindah TPS. “Ada yang mengurus pindah misal dari Kecamatan Tambelan ke Kecamatan Mantang,” kata dia.

Dia mengatakan pihaknya sudah menyurati sejumlah perusahaan dan instansi vertikal yang ada di Kabupaten Bintan.

“Sudah kita surati ke pihak-pihak perusahaan dan instansi vertikal yang berpotensi ada pindah pilih sejak awal tahun lalu,” ujarnya.

Haris mengimbau agar jadwal yang tinggal hitungan hari tersebut supaya dimanfaat dengan sebaik-baiknya bagi warga yang ingin pindah memilih jika tak bisa mencoblos di TPS sebagaimana terdaftar.

“Jika sudah terdaftar di DPT asal, cukup melampirkan salinan KTP elektronik kita sudah bisa menguruskan pindah memilihnya,” tutupnya. (met)