Metro Bintan

RoRo dan Feri Akan Berlayar Malam

Dishub Undang KSOP dan ASDP

Feri Oceana jurusan Batam-Tanjungpinang dan sebaliknya berlayar di laut Tanjungpinang belum lama ini. Pemerintah berencana akan menambah jam keberangkatan. F.Cipi Ckandina / Batam Pos

batampos.co.id – Kamis (24/3) siang ini, Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau akan menggelar rapat bersama KSOP, ASDP dan sejumlah instansi yang berkaitan kepelabuhan.

“Ya benar, rencananya siang di Dompak,” kata Kadis Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau, Jamhur Ismail saat dihubungi, Rabu (13/3).

Dia menjelaskan, rapat membahas kemungkinan feri Tanjungpinang – Telagapunggur, Batam dan sebaliknya berlayar malam.

Kemudian kapal RoRo Telagapunggur, Batam dan Tanjunguban, Bintan juga berlayar malam.

“Kalau selama ini kapal feri sekitar jam 17.30 WIB, mungkin ke depan bisa sampai jam 19.30 WIB. RoRo juga bila selama ini terakhir jam 17.30 WIB, bisa sampai jam 20.00 WIB,” kata dia.

Namun, kepastian penambahan jadwal berlayar baik kapal feri dan kapal RoRo hingga malam, menurutnya, sesuai kesepakatan dalam rapat bersama nantinya.

Dijelaskan, penambahan jadwal berlayar hingga malam hari dirasa perlu. Dia mencontohkan banyak wisatawan yang berlibur ke Pulau Bintan. Namun, karena kapal terakhir dari Tanjunguban ke Telagapunggur sekitar pukul 17.30 WIB, maka banyak wisatawan yang buru-buru pulang.

“Begitu juga warga yang dari Bintan liburan ke Batam. Karena kapalnya sampai jam 05.30 sore, mereka buru-buru pulang ke Bintan,” kata dia.

Padahal, ia mengatakan, jika ada kapal berlayar hingga malam, maka akan membuat wisatawan lebih banyak mengunjungi objek wisata yang ada di daerah itu. “Usaha makanan dan lainnya saya rasa akan hidup juga,” kata dia.

Di samping itu, ia juga mengatakan, penambahan jadwal kapal hingga malam juga akan melancarkan mobilitas masyarakat.

“Yang dari Jakarta mau pulang ke Tanjungpinang misalkan lewat Batam. Dia masih bisa pulang ke rumahnya dengan kapal malam,” kata dia.

Sebelumnya, Supervisi ASDP Tanjunguban, Astuni merespon positif rencana ini. Bahkan pihaknya siap bila harus melayani hingga malam hari.

“Kita siap kalau kapal RoRo sampai malam,” katanya. (met)