Peristiwa

Perwira dan Bintara Polisi, Dites Urine

Anggota Polres Bintan menjalani pemeriksaan tes urine oleh Tim Gaktibplin Divisi Propam Polri di Mapolres Bintan, Rabu (13/3). F.Humas Polres Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Sejumlah anggota Kepolisian Resor Bintan mulai dari perwira hingga bintara menjalani pemeriksaan tes urine di Mapolres Bintan, Bintan Buyu, Rabu (13/3) siang.

Penampilan anggota juga diperiksa. Kemudian kerapian berpakaian dinas dan kelengkapan identitas mulai KTA, KTP, dan SIM pun diperiksa.

Pemeriksaan ini dilakukan Tim Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin) Divisi Propam Polri.

Kabag Gaktibplin dari Tim Divisi Propam Polri, Kombes Agung Setiatno menjelaskan, kegiatan ini untuk penegakan ketertiban dan disiplin sehingga pihaknya melakukan pemeriksaan penampilan, berpakaian  dinas anggota Polri serta kelengkapan identitas diri.

“Ini tidak hanya di Polres Bintan saja, namun juga di Polres lainnya di bawah jajaran Polda Kepri,” katanya.

Dia mengatakan, anggota yang diketahui menyalahi aturan misalkan penampilan kurang rapi, maka ditindak dengan memotong rambut secara acak.

Anggota yang tidak bisa menunjukkan Kartu Tanda Anggota Polri, ia mengatakan langsung menerima teguran.

Selain memeriksa kelengkapan, Tim Divisi Propam Polri juga melakukan tes urine. Tujuannya untuk mencegah penyalahgunaan narkokita di kalangan anggota kepolisian.

Dari tes urine itu, pihaknya tidak menemukan urine anggota kepolisian yang mengandung zat Amphetamine dan zat  Metahamphetamine.(met)