Kabar Pemkab

Program Kegiatan Copy Paste, Bupati Ingatkan Kepala OPD

Bupati Bintan Apri Sujadi memukul gong sebagai tanda dibukanya Musrenbang tingkat Kabupaten Bintan Tahun 2019 di Conventional Hall Bhadra Resort, Kawal, Kamis (14/3). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Sejumlah program dan kegiatan yang sama persis dengan program dan kegiatan di tahun sebelumnya alias program copy paste masih ditemukan.

Temuan ini membuat Bupati Bintan, Apri Sujadi mengingatkan kembali pada pejabatnya agar selektif dalam menyeleksi program dan kegiatan.

“Saya masih menemukan program yang copy paste dari kegiatan sebelumnya, saya minta ini diseleksi lebih ketat lagi,” ungkap Apri saat sambutannya dalam Musrenbang tingkat Kabupaten Bintan tahun 2019 di Bhadra Resort, Kecamatan Gunung Kijang, Kamis (14/3).

Program kegiatan yang berulang-ulang dibuat dan dilakukan setiap tahun namun dalam pencapaiannya tidak terukur, katanya sebaiknya diseleksi juga.

“Saya tidak mau lagi ada kegiatan-kegiatan yang boros. Kegiatan program yang dilakukan berulang ulang setiap tahun, namun tingkat pencapaiannya tidak terukur,” kata dia.

Dengan anggaran APBD Bintan yang terbatas dalam pembiayaan pembangunan fisik maupun nonfisik, dia berharap, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selektif sehingga tidak terjadi kebocoran anggaran.

Di samping itu, dia menyindir kepala OPD yang suka melakukan perjalanan dinas ke Jakarta. Alangkah baiknya, katanya,  perjalanan dinas bisa dimaksimalkan untuk menjolok anggaran yang ada di pusat.

“Kepala OPD sebaiknya bisa memanfaatkan perjalanan dinas ke Jakarta untuk mendapatkan sumber pendapatan dari APBN. Kepala OPD juga harus jeli melihat program yang ada di pusat, harus sejalan. Jangan program pusat A, kita usulkan B, kan tidak nyambung,” kata dia.

Sementara Sekda Bintan Adi Prihantara menjelaskan, program kopi paste ini program yang sama modelnya namun dilakukan di lokasi lainnya. Namun, program ini tidak maksimal.

“Kalau yang rutin misalkan administrasi. Kalau program untuk masyarakat, kalau di OPD biasanya sama namun lokasinya berbeda,” kata dia berharap program yang dibuat bisa mencapai RPJMD.

Terkait perjalanan dinas, ia mengatakan, harapan Bupati Bintan agar kepala OPD bisa memaksimalkan perjalanan dinas dengan menyelaraskan program di pusat dengan daerah.

“Harapan Pak Bupati jadi kepala OPD tak sebatas menghadiri ceremonial saja, namun bisa menyelaraskan program pusat dan daerah,” kata dia.

Pembukaan musrembang tingkat Kabupaten Bintan tahun 2019 dibuka dengan ditandai pemukulan gong oleh Bupati Bintan Apri Sujadi.(met)