Peristiwa

Caleg Hanura Komplain APKnya Dicopot

Petugas Satpol PP didampingi Anggota Polsek Bintan Utara dan Panwaslucam Teluk Sebong menertibkan APK yang tidak sesuai titik pemasangan di wilayah Kecamatan Teluk Sebong, Sabtu (16/3). F.Panwaslucam Teluk Sebong untuk Batam Pos

batampos.co.id – Salah seorang calon legislatif (caleg) Partai Hanura komplain saat Alat Peraga Kampanye (APK) miliknya dicopot anggota Satpol PP disaksikan Panwaslu Kecamatan Teluk Sebong yang melakukan penertiban APK di wilayah Kecamatan Teluk Sebong, Sabtu (16/3).

Ketua Panwaslu Kecamatan Teluk Sebong, Bayu Hendro mengatakan, saat penertiban APK di wilayah Desa Sebong Pereh, Kecamatan Teluk Sebong, ada seorang caleg yang komplain saat APK-nya dicopot.

Caleg tersebut, katanya, tidak terima APKnya yang terpasang di pohon dicopot. Pasalnya, ada anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Dewi Kumalasari Ansar juga caleg Golkar memasang di pohon.

Si caleg komplain kenapa atribut Dewi Kumalasari¬† boleh, dia punya tidak boleh. Si caleg mengaku dia memasang di pohon karena mengikuti atribut Dewi Kumalasari. Padahal aturannya jelas tidak boleh memasang APK di pohon ,” kata dia.

Dia menjelaskan, atribut yang terpasang atas nama Dewi Kumalasari bukan APK. Karena tidak tercantum nama partai maupun nomor urut caleg.

Dalam atribut milik Dewi Kumalasari hanya tertulis nama yang bersangkutan dan Anggota DPRD Kepulauan Riau Dapil Bintan Lingga Tahun 2014-2019.

“Gambar Dewi Kumalasari non APK, namun kami menyayangkan tim beliau (Dewi Kumalasari) karena memasang di pohon seputaran Sebong Pereh. Karena menganggu keindahan,” kata dia.

Dari kejadian ini, Bayu melihat masih rendahnya kesadaran caleg dalam memasang APK. Padahal titik – titik pemasangan dan zona pemasangan APK sudah diatur dalam SK KPU.

“Kita menertibkan APK yang melanggar dan juga termasuk yang dipasang di luar titik dan zona yang sudah di SK kan KPU,” jelasnya.

Dalam penertiban kali ini, ada sekitar 50 APK yang ditertibkan termasuk dengan APK yang di pasang di pohon.

“Kita akan kembalikan APK nya ke setiap caleg atau parpol dengan catatan mengisi formulir di sekretariat Panwascam Teluk Sebong,” tutup dia.(met)