Metro Bintan

Akhir Pekan, Feri dan RoRo Berlayar Malam

Penumpang RoRo dari Telagapunggur Batam tiba di Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Bintan. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Sejumlah operator feri siap menambah jadwal pelayaran sampai malam untuk feri rute Tanjungpinang – Telagapunggur, Batam dan sebaliknya.

Demikian pula PT ASDP selaku pengelola Roll on Roll off (RoRo) siap menambah jadwal penyeberangan sampai malam untuk RoRo rute Telagapunggur – Tanjunguban, Bintan dan sebaliknya.

Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Kepri, Jamhur Ismail saat dihubungi Senin (18/3) mengatakan, operator feri dan PT ASDP siap memperpanjang jadwal pelayaran.

“Semua pihak komitmen mendukung penambahan jadwal feri dan RoRo sampai malam,” katanya.

Dijelaskannya, sejauh ini kesepakatannya feri dan RoRo tidak akan melayani pelayaran setiap malam melainkan pada akhir pekan dan hari-hari libur nasional.

Sebelum jadwal baru diberlakukan, ia mengatakan akan diuji coba dulu.

“Kita akan uji coba dahulu, sebelum diberlakukan,” kata dia.

Berapa lama uji coba dilakukan? Dia mengatakan, sampai semua pihak merasa siap.

Dikatakan Jamhur, rencananya jadwal feri terakhir dari Telagapunggur, Batam pukul 20.00 WIB, sedangkan dari Tanjungpinang pukul 19.30 WIB.

Sementara jadwal RoRo terakhir dari dan ke Telagapunggur, Batam maupun Tanjunguban, Bintan pukul 20.00 WIB.

Sebelum masa uji coba dan diberlakukan jadwal baru, pihaknya akan mensosialisasikan rencana penambahan jadwal feri dan Roro sampai malam ke sejumlah instansi. Termasuk ke masyarakat dan nelayan.

“Kenapa nelayan? Karena rata-rata mereka menangkap ikan malam hari. Tujuannya supaya mereka mengetahui ada kapal feri dan RoRo yang berlayar malam,” katanya.

Sementara Supervisi ASDP Tanjunguban, Astuni mengatakan, pihaknya siap mendukung rencana penambahan jadwal berlayar malam feri dan Roro.

“Kalau berlayar malam, kita siap. Hanya untuk penyeberangan malam yang harus diutamakan faktor keselamatan,” kata dia. (met)