Metro Bintan

KPU Verifikasi Faktual Data Temuan Tim Prabowo-Sandi

KPU Bintan saat melakukan verivikasi faktual di salah satu rumah warga di Kecamatan Gunung Kijang, Minggu (17/3). F.KPU Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – KPU Bintan melakukan verifikasi faktual terhadap data temuan dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) nomor 02 Prabowo-Sandi, Minggu (17/3).

Verifikasi faktual dilakukan di Desa Sebong Lagoi Kecamatan Teluk Sebong dan Desa Gunung Kijang dan Malang Rapat Kecamatan Gunung Kijang.

Komisioner KPU Bintan, Haris Daulay mengatakan verifikasi ini sesuai surat edaran KPU RI Nomor 419 Tentang Verifikasi Temuan Data.

Dari verifikasi itu, ia mengatakan, ada beberapa poin yang menjadi temuan yakni tanggal lahir 1 Januari, 1 Juli dan 31 Desember dengan jumlah pemilih signifikan.

Sehingga KPU Bintan menindaklanjuti sampel data dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Bintan setelah dilakukan sampling bersama Bawaslu Bintan bersama TKN 01 dan BPN 02.

“Hasil verifikasi faktual di lapangan terhadap sampling data ditemukan data pemilih memenuhi syarat dan sesuai dengan dokumen administrasi kependudukannya,” ujarnya.

Selain data tanggal lahir data BPN 02 juga terdapat data pemilih di atas 90 tahun sebanyak 74 pemilih dan pemilih di bawah 17 tahun.

“Hasil verifikasi dari pemilih umur di atas 90 tahun dan di bawah 17 tahun ditemukan ada orangnya dan memenuhi syarat, namun ada kekeliruan entri tahun lahir,” sambungnya.

Sebagaimana intruksi KPU RI pada SE Nomor 419, pihaknya sudah melaporkan hasil verifikasi tersebut ke KPU RI melalui KPU Provinsi Kepulauan Riau.

“Semoga dengan hasil verifikasi tersebut kepercayaan masyarakat terhadap data pemilih semakin tinggi,” tutup Haris. (met)