Metro Bintan

Buaya Muara Muncul di Permukaan Sungai

Tampak buaya yang muncul di permukaan muara sungai di Jembatan 2 Lintas Barat belum lama ini. F. Facebook Akun Darisman Sikumbang untuk Batam Pos

batampos.co.id – Seekor buaya yang muncul di permukaan muara sungai sekitar Jembatan 2 Jalan Lintas Barat (Jalinbar) dari Tanjungpinang ke Tanjunguban Kabupaten Bintan baru-baru ini mengemparkan masyarakat melalui akun media sosial.

Dalam video itu memperlihatkan seekor buaya muncul di permukaan muara sungai Jembatan 2 Lintas Barat dari arah Tanjungpinang ke arah Tanjunguban.

Pemilik akun menuliskan Jembatan 2 Lintas Barat Bintan.

Bagi yang beruntung bisa melihat beberapa ekor buaya Bintan dari atas jembatan.

Kades Penaga, Hamrudin yang dihubungi Batam Pos membenarkan, ada seekor buaya yang selalu muncul ke permukaan di muara sungai wilayah Desa Penaga. Terkadang buaya muncul di permukaan air muara sungai di bawah jembatan dan kadangkala di pelantar nelayan.

“Tidak menyerang, bahkan ada nelayan yang berani memegangnya,” kata dia.

Konon menurutnya, nelayan Desa Penaga seperti memiliki hubungan batin dengan buaya muara tersebut karena nelayan semacam sudah memeliharannya sejak buaya masih kecil.

Sejumlah nelayan yang kebetulan melihat buaya muncul di permukaan muara sungai tidak canggung melemparkan ikan ke arah buaya tersebut.

“Setahu saya yang sering terlihat 1 ekor saja, panjangnya sekitar 2 meter,” ungkapnya.

Pemilik Restoran Famili di dekat Jembatan Dua, Wagiman mengaku, sudah dua tahun terakhir tidak melihat buaya muncul di permukaan muara sungai.

“Kalau dulu ada. 1 ekor aja. Tidak tahu kalau sekarang sudah beranak pinak. Buaya muara itu tidak pernah menyerang masyarakat,” katanya.(met)