Metro Bintan

Kawasan Perkantoran Diselimuti Kabut Asap

Kendaraan Water Canon Polres Bintan memadamkan titik api di lahan jalan menuju kantor Bupati Bintan, Selasa (19/3) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Kawasan Perkantoran Bupati Bintan diselimuti kabut asap akibat kebakaran lahan gambut di ruas kanan dan kiri jalan menuju Kantor Bupati Bintan.

Seorang warga Kampung Sidodadi, Desa Bintan Buyu, Alam mengatakan, sudah lima hari kebakaran lahan gambut terjadi. Akibatnya kabut asap menyelimuti wilayah tersebut. Kabut asap membuat jarak pandang terganggu. Apalagi malam hari, tidak adanya lampu penerangan jalan membuat jarak pandang makin sulit. Sejumlah warga berada di kampung pun terpaksa menggunakan masker.

“Biar tidak sesak nafas, makanya pakai masker,” kata Tini, warga lainnya.

Pantauan di lapangan, petugas damkar Tanjunguban berusaha memadamkan api yang membesar di lahan gambut. Terlihat dua mobil damkar dan 1 mobil tangki air berusaha memadamkan api.

Petugas damkar masuk menerobos ke dalam lahan semak tersebut untuk memagari lahan yang terbakar supaya kebakaran lahan tidak melebar.

Sementara itu di jalan utama menuju kantor Bupati Bintan, terlihat mobil water canon milik Polres Bintan dikerahkan memadamkan api.

Anggota Polres Bintan, Brigadir Muhammad Kurniawan yang ditemui di lokasi mengatakan, banyak titik api di sepanjang jalan menuju kantor Bupati Bintan.

“Di sini dipadamkan, di sana kebakaran,” kata dia.

Dengan kejadian ini, dia mengimbau masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan membakar.

Karena musim panas dan angin kencang saat ini mudah menyulut api.(met)