Kabar Pemkab

Ikuti 5 Tatanan, Bintan Target Raih Swastisaba Wistara 2019

Ketua Umum Kabupaten Sehat Kabupaten Bintan, Hj Deby Maryanti menghadiri acara pemberian ASI di Posyandu Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, beberapa waktu yang lalu. F.Dinas Kominfo Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan menargetkan untuk dapat meraih penghargaan Swastisaba Wistara di tahun 2019 ini.

Penghargaan bergengsi tersebut merupakan penghargaan tertinggi dalam bidang Kabupaten Sehat.

Bupati Bintan, H Apri Sujadi, S.Sos mengatakan persiapan untuk meraih penghargaan tersebut terus dilakukan.

Diantaranya membenahi lima tatanan yang telah ditetapkan.

“Tahun 2015, Pemkab BintanĀ  mendapatkan penghargaan Swastisaba Padapa. Tahun 2017, kita meraih Swastisaba Wiwerda maka tahun 2019 ini, kita optimis mampu meraih Swastisaba Wistara,” ujarnya saat dihubungi, Kamis (21/3) siang.

Sementara itu, Ketua Umum Kabupaten Sehat Kabupaten Bintan Hj Deby Maryanti mengatakan bahwa ada lima tatanan yang akan diikuti yaitu tatanan permukiman sarana dan prasarana sehat, tatanan kehidupan masyarakat sehat, tatanan pariwisata yang sehat, tatanan perkantoran/industri yang sehat serta tatanan ketahanan pangan dan gizi.

“Setiap tahunnya kita terus meningkatkan kualitas guna memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Kita harapkan tahun ini, kita kembali meraih penghargaan dengan tingkatan yang lebih tinggi tersebut. Diantara kabupaten/kota Kepri lainnya hanya Kabupaten Bintan yang menuju Swastisaba Wistara,” ujarnya.

Kepala Bapelitbang Luki Zaiman Prawira menuturkan bahwa tahapan awal penilaian Kabupaten Sehat telah dilakukan.

Rencananya, pihak Tim Pembina Kabupaten/Kota Provinsi Kepri akan turun ke Kabupaten Bintan guna supervisi ke lapangan.

“Rencananya, Jumat (22/3) Tim Pembina Provinsi Kepri akan turun ke Bintan, lalu setelahnya pihak Pemerintah Pusat juga akan turun ke sini. Tentunya kita harapkan yang terbaik,” tutupnya.(met)