Metro Bintan

UNBK Hari Pertama di Bintan Diikuti 599 Siswa

Suasana hari pertama UNBK di SMKN I Bintan Utara yang terpantau CCTv, Senin (25/3) pagi. F.SMKN I Bintan Utara untuk Batam Pos

batampos.co.id – Sebanyak 599 siswa SMK se Kabupaten Bintan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada Senin (25/3).

Jumlah peserta UNBK di SMKN I Bintan Timur sebanyak 199 siswa, kemudian di SMKN I Bintan Utara sebanyak 195 siswa, SMKN 1 Seri Kuala Lobam sebanyak 60 siswa, di SMKN 1 Gunung Kijang sebanyak 59 siswa, di SMK Perkapalan Hang Tuah sebanyak 51 siswa, SMK Muhammadiyah Tanjunguban sebanyak 25 siswa dan SMK Maritim Lintas Barat 10 siswa.

Pelaksanaan UNBK di sejumlah sekolah pada hari pertama, berdasarkan pantauan Batam Pos berjalan lancar. Tidak ada gangguan listrik dan jaringan. Bahkan ada petugas baik PLN dan kepolisian siaga di lokasi ujian.

Seperti terlihat di SMKN I Bintan Utara yang berlokasi di Pasar Baru Tanjunguban Kecamatan Bintan Utara. Ada petugas PLN dan kepolisian berjaga di lokasi ujian.

Tidak hanya itu, di sekolah ini juga, ruangan UNBK terpasang CCTv.

Kepala SMKN I Bintan Utara, Wiharjo mengatakan, jumlah peserta UNBK di sekolahnya 195 siswa.

Terbagi dalam 3 sesi ujian. Sesi pertama dimulai sekitar pukul 07.30 WIB hingga sekitar pukul 09.30 WIB. Sesi kedua dimulai sekitar pukul 10.30 WIB hingga 12.30 WIB. Dan sesi ketiga mulai sekitar pukul 14.00 WIB sampai sekitar pukul 16.00 WIB.

Dia mengatakan, pelaksanaan UNBK berjalan lancar.

“Listrik aman, jaringan¬† juga,” katanya.

Dia juga menjelaskan, mulai presiden, wakil presiden, gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, anggota DPR, Kepala dinas dan wartawan tidak boleh masuk ke ruangan UNBK kecuali peserta ujian, proktor, teknisi dan pengawas.

“Kepala tidak tidak boleh masuk ke ruangan ujian. Kemudian tidak boleh memotret di ruangan, takutnya soal bocor. Tidak boleh membawa alat komunikasi dan kamera di dalam ruangan,” kata dia.

Namun di ruangan UNBK di sekolahnya tersebut sudah terpasang kamera CCTv di masing-masing ruangan UNBK.

Sebagai Ketua Kepala Sekolah SMK se Bintan, dia juga mengatakan, tidak ada masalah dalam pelaksanaan UNBK di sekolah lainnya di Bintan.

“Tidak ada masalah, sejauh ini aman,” kata dia saat ditemui di sekolahnya.

Sementara itu, orang siswa peserta UNBK Sukma, siswa Kelas 12 TKJ di SMKN I Bintan Utara mengatakan, ujian hari pertama Bahasa Indonesia, lancar.

“Lancar aja ujiannya. Bisa ngerjainnya,” kata dia.

Hanya masalahnya tadi sedikit di komputer. Komputer, katanya kadang restart sendiri.

Yang ditakutkan siswa, katanya, ujian mata pelajaran Matematika.

“Besok MTK.¬† Tidak tahu kami waktunya cukup atau tidak,” kata dia.

Sementara itu, Kepala SMKN I Bintan Timur, Yayuk Sri Mulyani Rahayu saat ditemui di sekolahnya mengatakan, sejauh ini tidak ada kendala. Pelaksanaan UNBK berjalan lancar.

“Hari pertama sejauh ini tidak ada kendala. Peserta UNBK di sekolah kita sebanyak 199 peserta. Dibagi 3 sesi sebanyak 4 jurusan,” kata dia.

4 jurusan itu ialah Jurusan Perhotelan, Akutansi dan Rekayasa Perangkat Lunak dan Busana.

“Ini UNBK yang keempat,” kata dia.

Hari pertama ini, UNBK menguji soal Bahasa Indonesia, kemudian hari kedua Matematika, dan hari ketiga Bahasa Inggris, lalu hari keempat Teori Kejuruan.

“Kita target lulus 100 persen untuk UNBK tahun ini,” kata dia.

Selain itu, dia mengatakan, tahun ini tidak sembarangan orang boleh masuk ke kelas. “Tidak boleh foto di ruangan, saya tidak berani mengizinkan,” kata dia sembari mengatakan karena ada sanksinya.(met)