Kabar Pemkab

Perizinan di Bintan Harus Satu Pintu

Dalmasri : Lurah sampai OPD Jangan Terbitkan Izin

Wabup Bintan, Dalmasri Syam menyapa pelaku usaha saat sosialisasi sistem perizinan OSS di Bhadra Resort Bintan, Selasa (26/3). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam menginginkan perizinan seragam dan satu pintu. Sehingga tidak ada lagi mulai lurah, camat dan kepala OPD menerbitkan perizinan sesuai aturan masing-masing.

Hal ini diungkapkan saat sosialisasi sistem perizinan Online Single Submission (OSS) yang digelar Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bintan di Bhadra Resort, Kawal Kecamatan Gunung Kijang, Selasa (26/3).

Sosialisasi ini mengundang sejumlah pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Bintan.

“Perangkat komputer sudah disediakan PTSP, jumlahnya ada 6 unit. Menurut saya ini sudah lengkap sehingga pelayanan bisa lebih mudah dan cepat,” kata dia.

Dia juga menyampaikan, pihaknya terus mensosialisasikan sistem perizinan satu pintu secara online meski belum semua pelaku usaha memahami sistem perizinan OSS ini.

“Ya mungkin pengusaha besar sudah paham. Lalu bagaimana dengan pengusaha mikro kecil dan menengah, makanya mereka kami undang di sosialisasi ini,” kata dia.

Dari sosialisasi ini, dia berharap pelaku usaha kecil mikro dan menengah bisa mendapatkan berbagai fasilitas kemudahan dalam perizinan misalkan kemudahan pengurusan perizinan.

“Kita tidak ingin ada lagi keluhan dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah terkait perizinan,” kata dia.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Bintan, Hasfarizal Handra menjelaskan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi pelaku usaha kecil dan mikro menengah tentang OSS. Sebab pelayanan sistem ini sudah terintegritas dengan sistem elektronik.

Sistem perizinan ini, katanya sudah diluncurkan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI dengan PP nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Integrasi secara Elektronik. (met)