Peristiwa

Pohon di Hutan Lindung Sei Pulai Dibalak

KPHP Turunkan Tim ke Lokasi

Pohon yang dibelah rapi oleh pembalak dengan gergaji mesin di kawasan Hutan Lindung Sei Pulai, kemarin. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Sejumlah pohon yang berada di pinggir jalan Kawasan Hutan Lindung Sei Pulai, Kelurahan Sei Lekop, Kecamatan Bintan Timur, Bintan dibelah menjadi beberapa potongan kayu oleh pembalak tak bertanggungjawab.

Pantauan di lapangan, kemarin, Kawasan Hutan Lindung Sei Pulai sudah sangat memprihatinkan. Sudah lama, pohon-pohon di kawasan tersebut dibabat bahkan dijadikan kebun dan dibangun rumah-rumah semipermanen.

Pembalakan pohon di kawasan itu semakin merajarela dan dilakukan terang-terangan. Betapa tidak, sejumlah pohon yang berada di pinggir jalan pun dibelah sangat rapi dan potongan kayunya teronggok dekat pinggir jalan.

Padahal tidak jauh dari lokasi ada papan yang menginformasikan bahwa kawasan tersebut ialah kawasan hutan lindung. Bahkan lengkap dalam papan informasi itu ada sanksi pidana untuk tindakan pengerusakan kawasan hutan lindung.

Seorang warga yang kebetulan melintas di kawasan itu, Rusdi mengatakan sepertinya pelaku sengaja memotong pohon di kawasan hutan lindung ini.

“Dibelah rapi sepertinya pakai gergaji mesin,” kata dia.

Dia juga mengatakan, kondisi hutan lindung Sei Pulai sudah lama rusak namun belum ada langkah tegas pemerintah untuk memindahkan masyarakat yang menempati kawasan itu.

Sementara Kepala KPHP Unit IV Bintan-Tanjungpinang, Ruah Ali Maha ketika dikonfirmasi mengatakan pihaknya akan menurunkan tim untuk mengecek ke lokasi.

Sementara ketika dihubungi, Selasa (26/3), belum berhasil dikonfirmasi kembali.(met)