Kabar Pemkab

Aparatur Desa di Tambelan Dilatih Kelola Keuangan

Kadis PMD Bintan, Ronny Kartika menyampaikan materi pengelolaan keuangan desa ke aparatur desa di Kecamatan Tambelan, Rabu (27/3). F.Dinas Kominfo Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Sejumlah aparatur pemerintahan desa di Kecamatan Tambelan mengikuti pelatihan pengelolaan keuangan yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bintan, Rabu (27/3).

Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan, Ronny Kartika menuturkan, pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas kemampuan aparatur desa dalam mengelola keuangan desa.

“Pelatihan bagi aparatur yang belum secara utuh mengetahui pengelolaan keuangan desa, sangat diperlukan,” kata dia.

Terlebih bagi aparatur desa di kecamatan terjauh di Kabupaten Bintan ini. Menurut dia, pelatihan khusus terkait laporan pertanggungjawaban  keuangan desa sangat diperlukan.

Dikatakannya juga bahwa dari pagu APBDes Kabupaten Bintan tahun 2019 sekitar Rp 104 miliar, khusus Kecamatan Tambelan menerima alokasi mencapai Rp 19,8 miliar yang terdiri atas Desa Batu Lepuk Rp 2,3 miliar, Desa Kampung Hilir Rp 3,4 miliar, Desa Kampung Melayu Rp 2,4 miliar, Desa Pulau Mentebung Rp 3,3 miliar, Desa Pulau Pinang Rp 2,9 miliar, Desa Kukup Rp 2,6 miliar serta Desa Pengikik Rp 2,9 miliar.

“Prinsipnya kita ingin agar bisa meningkatkan pengetahuan terkait sistem keuangan desa baik anggaran yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD),” ujarnya.

Sementara itu, Bupati BintanApri Sujadi beberapa waktu yang lalu mengutarakan bahwa perkembangan pembangunan desa di Kabupaten Bintan saat ini berlangsung dengan baik.

“Pencapaian perkembangan desa saat ini berlangsung dengan baik, bahkan dulunya desa belum mampu menghasilkan PADes sendiri, namun sekarang desa sudah bisa jauh lebih mandiri,” katanya.

Bahkan melalui BUMDes, tahun 2018 pembagian SHU mampu mencapai Rp 599 miliar lebih di seluruh desa se Kabupaten Bintan.(met)