Kabar Pemkab

Tingkatkan Kemampuan Kader Posyandu

Jambore Kader Posyandu se-Kabupaten Bintan

Ketua TP PKK Bintan, Deby Maryanti (Kiri) menyerahkan piala kepada juara salah satu perlombaan di Jambore Kader Posyandu se-Kabupaten Bintan di Alun-alun Pantai Dugong Gunung Kijang, Rabu (27/3) pagi. F.Dinas Kominfo Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Pemkab Bintan melalui Dinas Kesehatan Bintan menggelar Jambore Kader Posyandu se-Kabupaten Bintan di Alun-alun Pantai Dugong Gunung Kijang, Rabu (27/3) pagi.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kader-kader posyandu sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan keluarga.

Turut hadir Bupati Bintan Apri Sujadi, Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, Ketua TP PKK Bintan Deby Maryanti, Ketua DWP Bintan Nong Adi Prihantara, FKP Bintan, dan jajaran Kepala OPD Bintan.

Bupati Bintan, Apri Sujadi yang bertindak sebagai Pembina Upacara dalam amanatnya menyampaikan, apresiasi dan rasa bangga atas semangat para kader.

Dia mengatakan, Pemkab terus berkomitmen dalam mewujudkan Bintan Sehat.

Tidak semata meraih kategori Kabupaten/Kota Sehat, namun pencapain tersebut justru memacu dan memfokuskan perhatian terhadap kesehatan di berbagai bidang.

Apri juga merasa bangga melihat semangat dan antusias ibu-ibu semua. Tentu apresiasi setinggi-tingginya dari Pemkab.

Selanjutnya, kegiatan ini menjadi momen untuk sepakat pada komitmen bersama.

“Anak-anak Bintan harus sehat, ibu hamil harus cukup gizi dan Lansia pun harus selalu dipantau kesehatannya di usia tuanya,” ungkapnya di hadapan peserta upacara puncak Jambore Kader Posyandu Bintan.

Ketua TP PKK Bintan, Deby Maryanti juga berpesan agar kader Posyandu yang ada bisa mempertahankan dan bahkan meningkatkan berbagai terobosan yang dilakukan.

“Saya bangga atas kreativitas dan inovasi setiap Posyandu di Bintan,” katanya.

Menurutnya, banyak program menarik dan sesuai dengan kebutuhan kesehatan keluarga.

Pada kesempatan ini juga dia juga mengucapkan terima kasih dan salam sehat untuk seluruh kader khususnya yang sudah  bertahun-tahun berkiprah di Posyandu masing-masing.

Dalam kegiatan ini, Pemkab Bintan juga memberikan penghargaan kepada kader-kader Posyandu yang telah mengabdi lebih dari 10 tahun.

Penghargaan itu disejalankan dengan penyerahan secara simbolis insentif triwulan I bagi kader Posyandu.

Jambore Kader Posyandu diikuti kurang lebih 1.000 orang peserta dari Puskesmas Kecamatan serta Kader Posyandu dan telah dilaksanakan sejak  hari Senin (25/3) lalu.

Berbagai perlombaan dan pembekalan kesehatan menjadi bagian dari rentetan acara sampai pada hari ini.

Kader Posyandu setiap Kecamatan juga sempat menampilkan atraksi deville bertemakan Program Pokok Posyandu.

Beberapa kegiatan dan perlombaan diantaranya lomba pengolahan makanan pendamping ASI. Dari lomba ini Kecamatan Teluk Bintan juara satu, juara dua diraih Bintan Timur, dan juara tiga dari Kecamatan Gunung Kijang.

Kemudian lomba penyuluhan kesehatan, Kecamatan Gunung Kijang meraih juara I, Bintan Pesisir juara II, dan Kecamatan Toapaya juara III.

Selanjutnya lomba Simulasi 5 Meja. Juara I Kecamatan Bintan Utara, juara II Gunung Kijang dan juara III Kecamatan Bintan Timur.

Lomba cerdas cermat juara I Kecamatan Gunung Kijang, juara II  Bintan Utara, dan juara III Bintan Pesisir. Lomba Senam Cerdik juara I Kecamatan Teluk Sebong, juara II Seri Kuala Lobam, dan juara III Kecamatan Gunung Kijang.

Selanjutnya lomba Atraksi Deville (yel-yel) juara I diraih Kecamatan Gunung Kijang, juara II Toapaya, dan juara III Kecamatan Seri Kuala Lobam.(met)