Pariwisata

TdB 2019, Tetap Meriah Meski Hujan

Peserta TdB 2019 semangat memacu adrenalin meski rute lintasan yang dilalui licin setelah hujan deras menguyur lokasi event di Terminal Tri Sri Buana, Simpang Lagoi, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Teluk Sebong, Bintan pada Sabtu (30/3) pagi. F.Disbudpar Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Pelaksanaan Tour de Bintan (TdB) tahun 2019 yang dibuka Sabtu (30/3) pagi tetap meriah meski hujan deras membasahi lokasi event di Terminal Tri Sri Buana, Simpang Lagoi, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Teluk Sebong, Bintan.

Pelepasan peserta TdB 2019 sempat diundur sekitar beberapa menit. Namun tak menyurutkan semangat peserta.

Kadisbudpar Bintan, Wan Rudi Iskandar berkesempatan melepas peserta kategori Gran Fondo Classic wanita. Selang masa 10 menit, mantan Kepala Bapeda Bintan ini melepaskan peserta kategori Grand Fondo Classic laki-laki.

Pelepasan peserta disaksikan Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam, Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang dan Perwakilan Kementerian Pariwiata RI, Ramina, Kepala Bidang Pemasaran Area IV (New Zealand, Oceania) Kemenpar RI, Titik Lestari, GGM PT. Bintan Resort Cakrawala (BRC) Abdul Wahab dan GM Bintan Lagoon Resort (BLR), Gerald.

Kadisbudpar Wan Rudi Iskandar menyatakan, jumlah peserta TdB 2019 sekitar 1.200 pembalap dari 48 negara.

Diharapkan, kegiatan ini terus berlanjut karena mendorong angka wisatawan ke Bintan.

Sebagaimana angka kunjungan wisatawan mancanegara ke Bintan pada tahun 2018 mencapai 550 ribu. Tahun 2019, Kemenpar RI menargetkan angka kunjungan wisatawan mancanegara ke Bintan mencapai kisaran 750 ribu.

“Semoga adanya event ini dan lainnya seperti Ironman, moonrun dan marathon International Bintan bisa meningkatkan angka kunjungan wisatawan,” harapnya.

Dia juga mengatakan, setiap akhir pekan ada sekitar 4 ribu wisatawan yang dibawa kapal pesiar Dreamcruse yang berlabuh di perairan Bandar Bintan Telani, Lagoi.

Mei atau Juni nanti, katanya akan ada 1 lagi kapal pesiar yang membawa 5 ribu wisatawan singgah ke Bintan.

“Sudah kerja sama, Insha Allah Mei atau Juni,” katanya.

Dari berbagai event yang digelar di Bintan, dia mengatakan banyak keuntungan yang diperoleh Bintan. Pertama, Bintan makin terkenal di mancanegara. Kemudian Bintan menjadi destinasi wisata dunia.

Selain itu, lanjut dia, tentunya membuat pendapatan asli daerah Bintan bertambah dari sektor wisata. “Ekonomi masyarakat juga berputar,” kata dia.

Terakhir dia juga berterima kasih kepada pihak pengelola Kawasan Pariwisata Bintan Resort Lagoi, PT. BRC dan sejumlah resort diantaranya BLR maupun Kemenpar RI yang mendukung event di Bintan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Area IV (New Zealand, Oceania) Kemenpar RI, Titik Lestari mengapresiasi pemerintah daerah dan swasta yang sudah memprakarsai event ini.

Dia juga mengatakan, Kemenpar RI sangat mendukung event yang digelar di Bintan diantaranya Bintan Triathlon dan Tour de Bintan yang masuk dalam top kalender event Kemenpar RI.

“Tugas kami mempromosikan di negara lain seperti Asia Pasifik,” kata dia.

Selain itu, lanjutnya, Kemenpar RI juga mensupport fasilitasi seperti sound sistem dan mendatangkan  artis seperti saat TdB 2019 dihadirkan artis Maria Calista untuk menghibur peserta dan masyarakat.

Terlihat peserta semangat mengikuti TdB 2019 meski lintasan yang dilalui licin sehabis diguyur hujan. Bahkan mereka semangat menyelesaikan lintasan sampai ke garis finish meski keringat sudah bercampur air hujan.(met)