Metro Bintan

Waduk Seigesek Terisi Air Laut

PDAM Gelar Salat Minta Hujan

Rombongan pegawai PDAM meninjau Waduk Seigesek usai melaksanakan salat Istisqa di IPA Waduk Seigesek, Desa Toapaya Selatan, Kecamatan Toapaya, Jumat (29/3). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Waduk Seigesek, Desa Toapaya Selatan Kecamatan Toapaya Kabupaten Bintan berhenti produksi sejak 9 Maret 2019. Saat ini waduk Seigesek sudah digenangi air, namun bukan air daerah aliran sungai (DAS) melainkan air laut.

“Ini airnya ada tapi air laut. Tinggi air laut sudah lebih tinggi dibandingkan pembatas waduk, sehingga air laut masuk ke waduk,” ungkap Pelaksana Harian (Plh) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kepulauan Riau, Sabhas Budiyadi setelah melaksanakan salat Istisqa meminta hujan bersama warga dan pelajar di Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Waduk Seigesek di Kilometer 22, Jumat (29/3) sekitar pukul 09.00 WIB.

Dia menjelaskan meski ada air laut, namun tidak bisa diproduksi karena bisa merusak instalasi.

“Pelanggan bisa komplain kalau yang dikirim air laut,” ujarnya sembari tersenyum.

Dikatakan dia, sejauh ini jumlah pelanggan PDAM tergantung pada Waduk Seigesek sekitar 4.800. Disebabkan produksi air Waduk Seigesek telah berhenti, PDAM Tirta Kepri memanfaatkan sumber air Waduk Seipulai.

“Air Waduk Seipulai didistribusikan ke 4.200 pelanggan. Debit air Waduk Seipulai masih berkisar 2 meter, namun 4 DAS sudah tidak mengalir sehingga perkiraan cukup untuk 1 bulan ke depan,” jelas dia.

Sedangkan sisanya yakni 600 pelanggan PDAM juga dibantu air bersih dengan pembagian air yang didistribusikan truk tangki air.

“Kami terus bergerak membagikan air dengan lori tangki air . Bukan ke pelanggan saja namun ke masyarakat di daerah lainnya juga,” katanya.

Dia juga mengatakan, PDAM telah mengusulkan perluasan Waduk Seigesek ke Balai Wilayah Sungai (BWS). Karena lahan Waduk Seigesek yang termanfaat saat ini baru sekitar 4 hektare.

“Ada 4 hektare lahan yang diusulkan. Kalau terbangun, luas waduk Seigesek bisa menjadi 8 hektare,” jelas dia.

Di kesempatan itu, dia juga menjelaskan, karena Waduk Seigesek mengalami kekeringan, pihak PDAM bersama warga dan pelajar menggelar salat Istisqa.

Harapannya, doa yang dipanjatkan bersama saat salat Istisqa bisa terkabulkan dengan turunnya hujan.(met)