Metro Bintan

Sehari Berkantor di Pangkil, Disdukcapil Rekam 13 e-KTP

Kadisdukcapil Bintan, Ismail membantu warga yang melakukan perekaman e-KTP saat sehari berkantor di Desa Pangkil, Kecamatan Teluk Bintan, Senin (1/4). F.Disdukcapil Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bintan mengenjot perekaman e-KTP dengan sehari berkantor di Desa Pangkil, Kecamatan Teluk Bintan pada Senin (1/4).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka jemput bola dengan tajuk Disdukcapil Tour de Village untuk menuntaskan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk).

Kasi Pendataan di Disdukcapil Bintan, Budiana kepada Batam Pos menyampaikan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang lebih maksimal kepada seluruh masyarakat Bintan terutama di wilayah-wilayah yang sulit dijangkau.

Oleh karena itu, Disdukcapil Bintan bergerak turun ke desa untuk jemput bola.

“Nama programnya Disdukcapil Tour de Village,” katanya.

Pada Senin (1/4) katanya, petugas Disdukcapil bersama pihak Pemerintah Kecamatan Teluk Bintan berkantor sehari di Desa Pangkil untuk melayani hak – hak kependudukan masyarakat desa.

“Ya kita harapkan masyarakat desa dapat memanfaatkan moment tersebut, untuk mengurus dokumen kependudukan baik e-KTP, Kartu Keluarga (KK), Akta-akta Catatan Sipil dan dokumen lainnya,” jelasnya.

Dari sehari berkantor di Desa Pangkil, Disdukcapil melakukan perekaman terhadap 13 orang, pelayanan akte kelahiran 2 anak, dan memberikan konsultasi pendaftaran kependudukan (dafduk) kepada 7 orang.

“Sekaligus sosialisasi dafduk dan capil tentang pentingnya dokumen kependudukan,” ujarnya.

Selanjutnya, masih katanya, pihaknya akan turun ke desa-desa lain yang sulit dijangkau tentu dengan berkolaborasi pihak kecamatan masing-masing.

Sehingga tidak ada lagi alasan mengurus adminduk jauh dan butuh biaya besar.

“Ini juga menjadi keinginan Pak Bupati untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata dia.

Terakhir ia berharap, semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan mendapat dukungan dari semua pihak. (met)