Metro Bintan

Jumlah Peserta UNBK di Bintan Bertambah

Kabid SMP di Disdik Bintan, Hosni. F.Dokumen Hosni untuk Batam Pos

batampos.co.id – Jumlah sekolah menengah pertama (SMP) sederajat yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Bintan pada 22 hingga 25 April mendatang bertambah dari tahun sebelumnya.

Kabid SMP di Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bintan, Hosni menyampaikan, tahun 2018 lalu sekolah penyelenggara UNBK berjumlah 10 sekolah.

“Ya tahun lalu yang UNBK 10 sekolah,  sekarang 26 sekolah.  Insya Allah tahun depan ditingkatkan lagi,” ujarnya saat dihubungi Batam Pos, Senin (8/4) siang.

Hosni menjelaskan, jumlah sekolah SMP/MTs sederajat yang berada di Kabupaten Bintan sebanyak 41 SMP/MTs.

Dari 41 sekolah tersebut, 26 sekolah akan menyelenggarakan UNBK dengan jumlah siswa sebanyak 1.866 siswa terdiri 916 siswa laki-laki dan 950 siswa perempuan.

Sedangkan 15 SMP/MTs akan melaksanakan Ujian Nasional dengan Kertas dan Pensil (UNKP) dengan jumlah 557 siswa terdiri 283 siswa laki-laki dan 274 siswa perempuan.

“Total peserta UN SMP/MTs di Kabupaten Bintan sebanyak 2.423 siswa,” sebutnya.

Dia mengatakan, tahun ini ada bantuan alokasi komputer baik dari APBN maupun APBD Bintan. Dia berharap, tahun depan sekolah penyelenggara UNBK di Kabupaten Bintan bisa bertambah.

Sejauh ini, diungkapkan dia, kendala sejumlah sekolah belum melaksanakan UNBK karena belum adanya jaringan internet seperti sejumlah sekolah yang berada di wilayah pulau.

“Kalau ada jaringannya bisa diikutkan UNBK,” kata dia.

Di samping itu, dia berharap, UN yang akan dilaksanakan setelah pekan penyelenggaraan Pemilu 2019 bisa berjalan lancar.

“Harapannya anak-anak peserta UN bisa datang semua, tidak ada yang sakit atau berhalangan hadir. Kemudian cuaca semoga baik-baik saja. Karena kalau tidak dikhawatirkan bisa menganggu listrik dan jaringan, namun kita sudah koordinasi dengan PLN dan Telkom untuk mengantisipasi listrik padam dan gangguan jaringan internet,” tutup dia.(met)