Metro Bintan

Biar Lancar Pencoblosan, Saksi Parpol Dapat Bimtek

Para saksi partai politik mengikuti bimtek di Gedung LAM Bintan, Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Selasa (9/4). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Jelang hari pencoblosan 17 April mendatang, Panwaslu Kecamatan melakukan pelatihan berupa bimbingan teknis (Bimtek) terhadap saksi partai politik (Parpol) di Gedung LAM Bintan, Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Selasa (9/4).

Ketua Panwaslucam Bintan Timur, Dedi Sulistio mengatakan, adanya pelatihan dan bimtek bisa menjalin komunikasi yang baik antarsaksi partai politik. Harapannya saat hari pencoblosan bisa berjalan lancar.

Selain itu, menurut dia, keberadaan saksi partai politik juga dapat meminimalisir kecurangan dan perselisihan pemilu sebab masing-masing perwakilan partai politik nantinya akan mendapatkan form C1 salinan.

Sementara itu, Ketua Panwaslucam Teluk Sebong, Bayu Hendro mengatakan, adanya kegiatan ini bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan saat pencoblosan.

Sehingga, harapan dia pemungutan dan penghitungan suara di TPS berjalan lancar.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Kabupaten Bintan Febriadinata mengatakan, sejauh ini, partai politik untuk Kabupaten Bintan yang telah melaporkan saksinya kepada Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau melalui pimpinan partai politik tingkat provinsi berjumlah 4 partai politik.

4 partai politik tersebut ialah Partai Demokrat, Partai Golkar, Hanura dan NasDem.

“Total keseluruhan saksiĀ  partai politik yang akan dilatih di Kabupaten Bintan sebanyak 1.273 saksi partai,” sebut dia. (met)