Metro Bintan

RoRo Berlayar Malam Akhir Pekan Ini

Firdaus: Tunggu Persetujuan BPTD

Penumpang turun dari kapal RoRo di Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Bintan belum lama ini. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Kapal Roll On Roll Off (RoRo) lintasan Telagapunggur, Batam ke Tanjunguban dan sebaliknya dijadwalkan mulai akhir pekan ini melayani penyeberangan malam.

Ini berdasarkan kesepakatan hasil rapat yang dilaksanakan Senin (8/4) lalu difasilitasi Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepulauan Riau.

“Ya benar mulai Sabtu dan Minggu ini, RoRo melayani penyeberangan malam,” ungkap Kadishub Provinsi Kepulauan Riau, Jamhur Ismail menjawab Batam Pos, Selasa (9/4) siang.

Dikatakan Jamhur, penyeberangan malam terakhir disepakati pukul 20.00 WIB. Baik dari Telagapunggur maupun Tanjunguban.

Selain itu, pihaknya juga akan menyurati Kementerian Perhubungan supaya rambu-rambu di lintasan kapal RoRo ditambah.

Dia berharap dengan penambahan trip malam membuat ekonomi dua pulau, baik Batam dan Bintan mengeliat. Setidaknya angka kunjungan wisatawan bisa meningkat.

Sementara Manager Usaha PT. ASDP Cabang Batam, Muhammad Firdaus menyampaikan, prinsipnya pihak ASDP siap melayani penyeberangan malam lintasan Telagapunggur-Tanjunguban atau sebaliknya.

“Sesuai hasil rapat kemarin tanggal 8 April 2019 bahwa penambahan trip malam rencana awal di hari Sabtu dan Minggu,” kata dia.

Namun, saat ini dia mengatakan, pihaknya masih menunggu persetujuan jadwal reguler dari Balai Pengolahan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IV Provinsi Riau dan Kepulauan Riau dalam hal ini Koorsatpel Pelabuhan Telagapunggur.

“Kalau buat trip Sabtu Minggu (malam) saya nunggu jadwal reguler yang dikeluarkan oleh BPTD dalam hal ini koorsatpel Punggur, baru kita jalan,” ujarnya.

Dijelaskannya, rencananya memang penambahan penyeberangan reguler malam di hari Sabtu dan Minggu. Namun bila permintaan banyak selain dua hari itu, pihak ASDP bisa menambah trip.

“Namanya trip isidentil,” ujar dia.

Dia mencontohkan baru-baru ini, pihaknya melayani penyeberangan malam karena ada permintaan dari Telagapunggur.

“Persis Minggu kemarin tanggal 7 April 2019 saya bersurat terkait permohonan penambahan trip,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, untuk rencana penyeberangan malam rencana awal tambah 1 trip sehingga kapal terakhir sekitar pukul 20.00 WIB.

“Tapi kalau permintaannya banyak bisa nambah 2 trip pukul 19:00 sama 20:00 WIB,” kata dia.

Terkait rencana penyeberangan malam, dia mengatakan, pihaknya sudah menerima masukan dari berbagai pihak. Diantaranya untuk keselamatan kapal sebaiknya diadakan rambu navigasi dari Distrik Navigasi. Kemudiab dari Bea Cukai juga memberikan masukan supaya ditambah lampu penerangan di pintu masuk kapal.

“Terkait ini saya sudah langsung buat nota dinas ke GM permintaan penambahan lampu,” kata dia.

“Intinya yang disiapkan ASDP kapal, semua kapal ASDP siap semua, anggota di lapangan pun siap,” tutup dia. (met)