Metro Bintan

KPID Kepri Ingatkan LP Jaga Netralitas Isi Siaran

Kordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPID Provinsi Kepri, Mukh Rofik. F.Rofik untuk Batam Pos

batampos.co.id – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengingatkan Lembaga Penyiaran (LP) yang berada di Provinsi Kepri mesti independen dan menjaga netralitas dalam menayangkan isi siaran setiap program.

“LP wajib independen dan menjaga netralitas isi siaran,”ungkap Kordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPID Provinsi Kepri, Mukh Rofik saat ditemui di Bintan, Rabu (10/4).

Independen dan netralitas LP, menurutnya diatur dalam Peraturan KPI Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Pedoman Perilaku Penyiaran.

“LP juga wajib memberi kesempatan yang sama kepada seluruh peserta pemilu,” ujar dia menambahkan.

Dia juga menyampaikan, LP bisa menyiarkan iklan kampanye mulai tanggal 24 Maret sampai dengan 13 April 2019.

Ketentuannya materi dan frekuensi penayangan iklan kampanye sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, serta peraturan dan kebijakan teknis tentang kampanye yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Satu spot iklan di televisi berdurasi paling lama 30 detik, sedangkan di radio paling lama durasinya 60 detik,” jelas dia.

Selain itu, ketika memasuki masa tenang mulai 14 April 2019  sampai dengan 16 April 2019, dia menegaskan LP dilarang menyiarkan berita, iklan, rekam jejak, citra diri peserta kampanye yang berkaitan tentang kepentingan kampanye.
“Kita juga meminta masyarakat bisa ikut mengawasi. Silakan kalau menemukan pelanggaran, laporkan ke Kantor KPID di jalan Basuki Rahmat Tanjungpinang,” kata dia.
Disingung sanksi bagi LP yang melanggar, dia menjelaskan, sanksi bisa berupa mulai dari teguran, penghentian siaran sampai pada rekomendasi pencabutan izin LP.
LP resmi di Provinsi Kepri berjumlah 51 LP. Terdiri dari 9 LPS Tv, 12 LPB Tv dan 11 LP Radio serta 1 LPP RRI di Batam. Di Tanjungpinang, 1 LPPL Tv, 1 LPS Tv, 2 LPB Tv dan 3 LPS Radio
dan 1 LPP RRI.
Selanjutnya Karimun terdiri 1 LPS Radio, 1 LPPL Radio, 1 LPB Tv. Bintan 1 LPPL Radio. Lingga 1 LPPL Radio dan 1 LPS Radio. Anambas 1 LPB Tv dan Natuna 1 LPP RRI.(met)