Metro Bintan

Kolam Retensi Dipenuhi Sampah

Tim Satgas Drainase diterjunkan Dinas PUPR Bintan untuk mengoptimalkan fungsi kolam retensi yang penuh dengan sampah, Kamis (11/4). F.Dinas PUPR Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Sampah pemukiman memenuhi kolam retensi di wilayah Simpang Lagoi, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Teluk Sebong.

Kamis (11/4) kemarin, Tim Satgas Drainase dari Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Bintan turun ke lokasi untuk membersihkan penumpukan sampah di kolam retensi.

Kadis PUPR Kabupaten Bintan, Herry Wahyu menuturkan, tingginya curah hujan selama dua hari terakhir di Simpang Lagoi mengakibatkan kolam retensi seluas 5 x 6 meter penuh sampah.

Dia menyebut, sampah yang menumpuk di kolam retensi merupakan sampah yang berasal dari saluran air pemukiman warga.

“Sampah berasal dari saluran pemukiman warga yang berada di depan Terminal,” katanya.

Oleh karena itu, dia meminta Tim Satgas Drainase untuk segera membersihkan penumpukan di dalam kolam retensi  yang diapit 2 besi di sisi kiri maupun kanan.

“Saya sudah meminta ke Kabid SDA Dinas PUPR supaya menerjunkan tim Satgas,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid SDA Dinas PUPR Kabupaten Bintan, Ali Bazar mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan Satgas Drainase untuk membersihkan kolam retensi.

“Sudah kita tinjau. Kemudian kami lakukan optimalisasi saluran drainase dari sampah yang berasal dari pemukiman warga,” katanya menambahkan optomalisasi ini juga dilakukan supaya air tidak meluap ke jalan. (met)