Metro Bintan

Pelatihan Kerja ke Jepang Sepi Peminat

Baru 14 Orang Mendaftar ke PT BAI

Siswa kejuruan di SMK Muhammadiyah di Tanjunguban saat menerima sosialisasi terkait penyebaran informasi tenaga kerja dari Disnaker Bintan, belum lama ini. F.Disnaker Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Sepinya peminat pencari kerja (pencaker) untuk mengikuti seleksi pelatihan kerja bagi lulusan sarjana (S1) di Provinsi Kepri dan khususnya Kabupaten Bintan yang dibuka PT Bintan Alumina Indonesia (BAI).

Hal ini berpeluang akan membuka kesempatan bagi lulusan sarjana di luar Bintan atau bahkan luar Provinsi Kepulauan Riau untuk mengikuti seleksi pelatihan kerja ini.

Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bintan, Zapril menuturkan, sampai 9 April 2019 lalu pencaker yang menyerahkan permohonan lamaran untuk program pelatihan kerja yang digelar PT BAI, baru 14 orang.

Sedangkan yang melamar program magang kerja ke Jepang, sudah 13 orang.

Dari 5 jurusan yang dibuka untuk seleksi pelatihan kerja PT BAI, dia menyebut, pencaker yang melamar dari berbagai latar belakang pendidikan diantaranya Teknik Kimia, Elektro, Mesin, Perminyakan, dan Perkapalan. Adapun 5 juruan yang dibutuhkan ialah jurusan mekatronik atau eletrik otomasi 35 orang, kontrol termal 4 orang, kimia industri 19 orang, mesin 5 orang dan otomatik kontrol 2 orang. Total tenaga kerja yang dibutuhkan untuk pelatihan kerja ini sebanyak 65 orang.

Disinggung bila sampai tanggal 15 April 2019, tidak juga terpenuhi jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk mengikuti pelatihan PT. BAI, apakah akan dibuka peluang untuk sarjana lulusan di luar Bintan atau bahkan Kepri, dia menjawab, belum tahu.

“PT BAI saya rasa berusaha mencukupi jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, mungkin bisa dari Batam karena ada Politeknik di sana,” kata dia.

Dia mengatakan, Disnaker saat ini memfasilitasi pendaftaran pelatihan tenaga kerja PT. BAI dan program magang kerja ke Jepang.

“Kami menerima pendaftaran dari pencaker dan dokumennya kita serahkan ke PT BAI nanti yang memprosesnya dan menyeleksinya PT BAI berkemungkinan melibatkan naker,” tutup dia.

Sebagaimana diketahui, syarat umum pencaker untuk mengikuti seleksi pelatihan kerja PT BAI ialah warga negara Indonesia (WNI), sehat jasmani dan rohani, laki-laki dan perempuan.

Selain itu, pencaker sebaiknya mengajukan permohonan lamaran dengan melampirkan fotokopi KTP 1 lembar, fotokopi ijazah S1 1 lembar, pasfoto 3 x 4 berlatar belakang merah sebanyak 2 lembar dan dimasukkan ke dalam map biru.

Kemudian lamaran dikirimkan ke kantor Disnaker Kabupaten Bintan yang berlokasi di Jalan MT Haryono Nomor 44, Batu 3 Tanjungpinang.(met)