Kabar Pemkab

Sekda Curhat Masalah Bintan ke Deputi BNPP

Dari Lahan, Kawasan Hutan, dan Bandara Tambelan

Sekda Bintan, Adi Prihantara (dua kanan duduk) saat menerima kunjungan Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Perbatasan di BNPP, Boytenjuri di Bintan, Kamis (11/4). F.Dinas Kominfo untuk Batam Pos

batampos.co.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bintan, Adi Prihantara menerima kunjungan Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Perbatasan di Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP), Boytenjuri di Bintan, Kamis (11/4).

Sekda Adi didampingi Kepala Bapelitbang Kabupaten Bintan, Luki Zaiman Prawira. Kesempatan ini, dimanfaatkan Adi untuk menyampaikan masalah-masalah yang tidak terselesaikan di Kabupaten Bintan.

Awalnya, Adi menyampaikan, singkronisasi kegiatan yang diusulkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan untuk rencana aksi pengelolaan perbatasan yang akan dianggarkan pada 2020 untuk bidang pariwisata, tenaga kerja, perikanan, perdagangan dan perhubungan.

Adi juga menyampaikan, komitmen Pemkab Bintan untuk mengembangkan potensi dan melengkapi infrastruktur di pulau-pulau khususnya di Kecamatan Bintan Pesisir dan Kecamatan Tambelan. Semisalkan meningkatkan akses antarpulau melalui moda trasportasi laut. Sehingga masyarakat pulau juga memiliki hak yang sama.

Beberapa masalah yang sudah lama tidak selesai di Kabupaten Bintan juga diungkapkan Adi.

Adi menyebut, masalah lahan antara masyarakat 8 kampung di Tanjunguban Kecamatan Bintan Utara dengan  lahan penguasaan TNI AL.

Juga, masalah kawasan hutan di Desa Lancang Kuning, Kecamatan Bintan Utara yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Padahal, kawasan itu sudah dari dulu ditempati masyarakat.

“Ini harus difasilitasi oleh BNPP melalui kementerian terkait,” harapnya.

Dia juga menyampaikan, harapan masalah penyelesaian bandara di Tambelan dan jalan menuju bandara serta listrik di Tambelan bisa difasilitasi.(met)