Peristiwa

Nabil Sempat Tolong Teman Sebelum Tenggelam

Polisi Ambil Keterangan 4 Saksi

Jasad Nabil, mahasiswa Unri tenggelam di Pantai Dugong Trikora saat divisum di RSUD Provinsi Kepulauan Riau pada Sabtu (13/4). F.Polsek Gunung Kijang untuk Batam Pos

batampos.co.id – Penyidik Polsek Gunung Kijang memeriksa 4 saksi terkait tenggelamnya mahasiswa semester 4 Ilmu Kelautan Unri, Nabil Ulwan Fahmi, 21, di Pantai Dudong, Trikora, Sabtu (13/4) sekitar pukul 07.30 WIB.

Kapolsek Gunung Kijang AKP Dunot P Gurning menyampaikan, 4 saksi sudah dimintai keterangan ialah dosen bernama Nursyirwani dan 3 mahasiswa Unri yaitu Azizul, 21, Fery Fadli, 21, dan Ridho, 21.

Saksi Nursyirwani kepada penyidik membenarkan ada kegiatan praktik pratikum bersama di Pantai Dugong Trikora sejak 9-14 April 2019. Sedangkan Sabtu (13/4) itu, diadakan kuliah seminar dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Bintan mulai sekitar pukul 08.30 WIB.

“Kalau menurut saksi, kegiatan korban di luar jadwal,” kata dia.

Sementara itu, dia menjelaskan kejadian bermula saat Nabil bersama dua mahasiswa  bernama Eric Pranata dan Azizul berfoto di air kedalaman 1 meter.

Nabil kemudian ke pantai untuk menyimpan kameranya karena habis batre. Tak lama, mereka bermain di bebatuan.

Saat itu mereka berenang dengan posisi mengapung dengan melihat ke arah dasar laut. Selang 10 menit, Eric meminta tolong.

“Nabil sempat menolong Eric, lalu mereka saling merangkul dengan posisi tenggelam timbul,” katanya.

Saat itu, Azizul dibantu Widona, mahasiswa lain berhasil mengangkat tubuh Eric ke pantai. Sedangkan Nabil saat itu sudah tenggelam ke dasar laut.

“Saat menyelamatkan Nabil, dari mulut dan hidungnya mengeluarkan buih,” kata dia.

Kemudian Nabil dan Eric dibawa ke Puskesmas. Tak lama, mereka dirujuk ke rumah sakit di Tanjungpinang.

“Nabil meninggal karena tenggelam, jenazahnya akan diterbangkan ke Pekanbaru, sedangkan Eric kritis masih dirawat di rumah sakit,” tutup dia.(met)