Peristiwa

Ditemukan 4 Kotak Suara dengan Nomor Kotak dan TPS Ganda

8 Kotak Suara DPD RI dan Presiden RI Dipisah

Petugas kepolisian mencatat nomor kotak suara dan nomor TPS yang sama dari 8 kotak suara untuk DPD RI dan Presiden RI saat didistribusikan ke PPK Toapaya, Selasa (16/4). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – 8 kotak suara terdiri 4 kotak suara untuk DPD RI dan 4 kotak suara untuk Presiden RI untuk Desa Toapaya Utara, Kecamatan Toapaya dipisahkan.

Pasalnya, petugas KPU, Bawaslu dan PPK Toapaya di lapangan menemukan 4 kotak suara baik DPD RI dan Presiden RI memiliki nomor kotak suara dan nomor TPS ganda saat distribusi logistik Pemilu 2019 dari KPU Kabupaten Bintan ke PPK Kecamatan Toapaya pada Selasa (16/4) sekitar pukul 10.30 WIB.

Pantauan Batam Pos di Kecamatan Toapaya,  terdapat 2 kotak suara untuk DPD RI dengan nomor kotak dan nomor TPS sama, dimana kedua kotak suara tersebut memiliki nomor kotak 03 dan nomor TPS 02.

Demikian juga 2 kotak suara untuk Presiden RI memiliki nomor kotak dan nomor TPS sama yakni nomor kotak 01 dan nomor TPS 01.

Komisioner KPU Bintan Bambang menjelaskan, masalah ini akan diselesaikan setelah semua logistik tiba di PPK Toapaya.

Saat ini, sudah 145 kotak suara yang didistribusikan, sedangkan 30 kotak suara lainnya akan didistribusikan kemudian.

“Nanti (masalah) ini akan diselesaikan setelah semua kotak suara datang. Baru kita serahkan ke PPK,” jelas dia.

Anggota Bawaslu Bintan Dumoranto Situmorang mengatakan, logistik Pemilu sebaiknya diserahkan dari KPU Bintan ke PPK setelah semua kotak suara dinyatakan lengkap.

“Kemungkinan (petugas yang menulis nomor kotak dan TPS) ngantuk,” kata dia.(met)