Peristiwa

Warga Kecewa, Kabid PIAK Jarang di Kantor

Layanan Administrasi Kependudukan Jadi Terganggu

Kantor Bidang PIAK di Disdukcapil Kabupaten Bintan yang berada di Tanjungpinang pintunya tertutup rapat, Senin (15/4) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Sejumlah warga mengeluhkan pelayanan yang berhubungan bidang pengelolaan informasi administrasi kependudukan (PIAK) di Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bintan yang berada di Tanjungpinang.

Pasalnya, Kabid PIAK Disdukcapil Bintan jarang berada di kantor. Seorang warga Tanjunguban, Wanto menuturkan, sebulan yang lalu dia mengurus surat pindah tempat tinggal keluarganya dari Pulau Jawa ke Bintan.

Saat itu, petugas di bidang pengelolaan informasi administrasi kependudukan (PIAK) di Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bintan, tidak berada di kantor.

“Saya tanya ke bagian pelayanan, katanya Pak Kabid lagi jemput anaknya. Saya tunggu lumayan lama di sana, lalu saya tanyakan lagi jawaban mereka malah tidak tahu,” kata dia.

Dia sempat marah di Kantor Disdukcapil Bintan karena petugas tidak bisa memberikan jawaban yang pasti terkait keberadaan pejabat Kabid PIAK.  Sementara, kunci permasalahan administrasi termasuk pengurusan surat pindah di bagian PIAK.

“Kunci atau master kependudukan di bidang PIAK,” ujarnya.

Lalu, Senin (15/4) kemarin, dia kembali ke kantor Disdukcapil Bintan untuk mengambil dokumen terkait pengurusan surat pindah tempat tinggal. Namun, kembali pejabat  tersebut tidak berada di kantor. Pintu kantor malah terkunci.

Dia berharap masalah ini bisa diselesaikan segera. Sehingga pelayanan di bidang pengelolaan informasi administrasi kependudukan tidak terganggu.

Sementara Sekretaris Disdukcapil Bintan, Irianto membenarkan adanya keluhan dari warga.

“Sudah saya sampaikan ke Pak Kadis, dan sudah ditindaklanjuti. Pak Kadis langsung menelepon Pak Kabid,” katanya.

Dia juga mengatakan, pelayanan di bidang  pengelolaan informasi administrasi kependudukan sudah kembali berjalan normal.

Sementara Kabid PIAK Disdukcapil Bintan, Erwandi belum berhasil dimintai keterangan. Ketika dihubungi, belum diangkat.(met)