Metro Bintan

Jika Antri, Boleh Nyoblos Setelah Pukul 13

Ketua KPU Kabupaten Bintan, Ervina Sari saat memberikan penjelasan di Kantor KPU Bintan, Selasa (16/4). F.Slamet Nofasusanto/Batam Pos

batampos.co.id – Pemilihan Umum (Pemilu) serentak digelar hari ini, Rabu (17/4). Pemilih bisa mencoblos mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB.

Lalu bagaimana dengan pemilih yang mencoblos setelah pukul 13.00 WIB ? Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bintan, Ervina Sari menjelaskan, sesuai PKPU Nomor 9 Pasal 46 tahun 2019 bahwa sekitar pukul 13.00 WIB, Ketua KPPS akan mengumumkan yang diperkenankan melakukan pencoblosan.

Dia menjelaskan, pemilih yang diberikan hak suaranya hanya bagi pemilih yang sedang menunggu giliran untuk memberikan suara dan sudah telah dicatat kehadirannya di TPS. Artinya pemilih sudah mendaftar di TPS sebelum sekitar pukul 13.00 WIB.

“Pemilih telah hadir dan sedang dalam antrian,” ujarnya.

Sedangkan bagi pemilih yang mendatangi TPS dan mendaftar setelah sekitar pukul 13.00 WIB, ia menegaskan, tidak bisa difasilitasi untuk menggunakan hak suaranya.

Lebih lanjut dia mengatakan, setelah seluruh pemilih selesai memberikan suara, selanjutnya ketua KPPS mengumumkan kepada yang hadir di TPS bahwa pemungutan suara telah selesai.

Kemudian masih katanya, akan dilanjutkan rapat penghitungan suara di TPS. Setelah pemungutan suara di TPS selesai, dia menjelaskan penghitungan suara berakhir paling lambat pukul 12.00 waktu setempat pada 1 hari sejak hari pemungutan suara dilakukan tanpa jeda.

“Iya jam 12 siang di tanggal 18 April,” kata dia.

Dia juga mengimbau masyarakat datang lebih awal ke TPS dan memanfaatkan waktu pencoblosan untuk menggunakan hak suaranya.

“Datanglah lebih awal sehingga tidak lama menunggu antrean,” tutup dia.(met)