Metro Bintan

Surat Suara 3 TPS di Tambelan Tertukar

Tak Diemukan Calegnya

Suasana pemilihan umum di salah satu TPS di Bintan, Rabu (17/4). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Surat suara yang ada di 3 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Tambelan tertukar.

Kejadian ini diketahui saat seorang warga Desa Kukup bernama Bujang mencari nama calon legislatif yang bakal dicoblosnya. Namun, dalam surat suara tersebut tidak ada nama caleg yang bakal dicoblosnya.

“Ada beberapa pemilih tidak tahu kalau surat suaranya tertukar. Jadi ada tim dari Gerindra, namanya Bujang, relawan caleg dari Hidaat Yahya. Dia mencari nama Hidaat Yahya ini, di surat suara tidak ketemu,” jelas tokoh pemuda Tambelan, Robby Patria saat dihubungi Batam Pos, Rabu (17/4).

Kemudian dia menelepon calegnya. “Ini namanya kok tidak ada,” kata Bujang kepada Hidaat Yahya ditirukan Robby.

Dari sana, ketahuan bahwa nama-nama caleg di kertas suara yang ada di TPS di Tambelan tersebut ialah celeg-caleg dari Dapil I Teluk Bintan, sedangkan Kecamatan Tambelan masuk dalam Dapil II.

“Ya baru dihentikan,” kata dia. Selain itu, masih kata Robby, di TPS di Desa Kukup juga ditemukan surat suara yang tertukar.

“Sudah juga pemilihan, ketahuan lagi,” katanya.

TPS ketiga di Desa Pengikik, lima jam dari Pulau Tambelan juga ditemukan kasus yang sama.

“Jadi ada 3 TPS, yang kira-kira pemilihnya lebih dari 400 orang,” kata pengurus Ikatan Kekeluargaan masyatakat Tambelan Provinsi Kepulauan Riau.

Dari kejadian ini, Robby meminta harus dilakukan pemungutan ulang.

“Bawaslu segera ambil tindakan cepat, karena Tambelan tidak gampang transportasinya. Jadi rekap lainnya sudah sampai di Pulau Bintan, yang ini belum selesai,” katanya.

Sementara Anggota Bawaslu Kabupaten Bintan, Dumoranto Situmorang mengatakan, nanti akan dilakukan pemungutan susulan.

“4 kotak suara berjalan, hanya 1 kotak suara yang tertukar. Tanggal 21 nanti akan dilakukan pemungutan susulan karena masih di tingkat desa/kelurahan,” jelas dia.

Sementara Bupati Bintan Apri Sujadi mengaku sudah mendengar masalah ini. Dia meminta Bawaslu dan KPU segera berkoordinasi untuk menuntaskan masalah ini. (met)