Pariwisata

Awal Mei, Caribbean Cruise Berlabuh di Lagoi

Setiap Pekan Membawa 5 Ribu Turis

Kapal pesiar Genting Dream saat berlabuh di Perairan Bintan belum lama ini. Mei nanti Caribbean Cruise kapal seperti ini akan berlabuh di Perairan Lagoi dan membawa 5 ribu turis setiap pekannya. F.Disbudpar Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Selain kapal pesiar Genting Dream Cruise dengan membawa 3 ribu turis singgah di perairan Lagoi, Kabupaten Bintan setiap akhir pekan.

Mei 2019 mendatang, satu lagi kapal pesiar bernama Caribbean Cruise dengan membawa lebih dari 5 ribu turis akan berlabuh di perairan Lagoi, Kabupaten Bintan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan, Wan Rudi Iskandar mengatakan, rencana ada kapal pesiar dari Miami, Amerika Serikat akan berlabuh di Perairan Lagoi.

“Kapasitas (penumpang) lebih besar daripada Genting Dream Cruise. Namanya Caribbean Cruise. Jadi nanti akan ada dua kapal pesiar berlabuh di Perairan Lagoi,” ujar dia.

Kapasitas penumpang Caribbean Cruise lebih dari 5 ribu orang. Dia mengharapkan, kontrak awal kapal pesiar Caribbean Cruise berlabuh ke Perairan Lagoi, Bintan setiap pekan sebanyak 52 kali.

Hanya, bila Genting Dream Cruise berlabuh setiap akhir pekan yakni setiap hari Sabtu dan Minggu, sedangkan Caribbean Cruise bisa di lain hari setiap pekan misalkan di setiap hari Rabu dan Kamis.

“Kita harapkan sekitar dua malam bisa turun, kalau yang Dream Cruise kan 1 malam. Nanti kita harapkan mereka bisa bermalam di Lagoi, nanti juga kita akan mengajak mereka tour Lagoi misal tour mangrove, kebun buah-buahan, tour kampung misalkan ke Berakit atau melihat suku laut,” kata dia.

Bisa juga mengunjungi Ibu Kota Tanjungpinang atau ke Penyengat. Hanya bila dibuka tour Penyengat sebaiknya pompong yang disediakan yang layak.

Dari berlabuhnya kapal pesiar ini, dia menyebut, yang pasti keuntungan ialah dari sisi kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Kabupaten Bintan.

“Di Bintan akan terjadi peningkatan kunjungan wisman. Kalau setiap minggu masuk 5 ribuan, maka akan menambah angka kunjungan wisman,” kata dia.

“Target kita 700 ribu wisman di 2019, Insya Allah bisa tercapai. Apalagi nanti ditambah dengan kunjungan turis-turis dari Tiongkok,” tutup dia.(met)