Metro Bintan

Wajah Baru Akan Duduki DPRD Bintan

Prediksi Dapil 4 Bintan Utara dan Seri Kuala Lobam

Rekapitulasi suara di tingkat PPK Seri Kuala Lobam, Jumat (19/4) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Anggota DPRD Kabupaten Bintan asal Daerah Pemilihan (Dapil) 4 meliputi Kecamatan Bintan Utara dan Kecamatan Seri Kuala Lobam diprediksi akan didominasi wajah baru.

Dari informasi yang diperoleh berdasarkan data tim sukses calon legislatif (caleg) bahwa suara terbesar diraih Partai Demokrat sekitar 6.598 suara.

Suara terbesar kedua Partai PDI Perjuangan sekitar 2.952 suara. Selanjutnya suara terbesar ketiga NasDem sekitar 2.145 suara. Suara terbesar keempat diraih Partai Golkar dengan prediksi perolehan suara sekitar 1.727, lalu suara terbesar kelima diraih PKS sekitar 1.661 suara dan suara terbesar keenam diraih PAN sekitar 1.623 suara.

Dari perolehan suara tersebut, diprediksi kursi pertama akan diisi oleh caleg Partai Demokrat, Eriyanti dengan perolehan suara sekitar 2.602 suara. Sedangkan kursi kedua diprediksi akan diisi oleh caleg PDI Perjuangan,  Indra Setiawan dengan perolehan suara sekitar 2.164 suara.

Partai Demokrat kembali diprediksi memperoleh kursi ketiga dengan perolehan suara 1.443 diraih oleh Bani Suparti. Bani saat ini ialah anggota DPRD Bintan.

Kursi keempat diprediksi akan diduduki oleh NasDem, dengan caleg bernama Mirwan dengan perolehan suara sekitar 718 suara.

Kursi kelima diprediksi akan diperoleh Partai Golkar dengan perolehan suara sekitar 521 suara bernama Suardi dan kursi keenam atau terakhir diprediksi diraih PKS dengan calegnya bernama Zakirman dengan memperoleh suara sekitar 675 suara.

Wakil Ketua Partai NasDem Kabupaten Bintan, Normansyah membenarkan data yang diperoleh C1 secara keseluruhan Partai NasDem di Dapil I Bintan Utara dan Seri Kuala Lobam memperoleh suara sekitar 2.145 suara.

Dari data tersebut, dia mengatakan, 1 caleg NasDem memperoleh 1 kursi.

“Kami menghargai kerja KPU dengan menunggu hasil resmi dari KPU,” jelas dia.

Kadir, timses dari PAN Bintan mengatakan, dirinya masih menunggu hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat PPK Seri Kuala Lobam. Karena ada beberapa data di TPS yang berubah akibat salah tulis.

“Ada yang berubah di TPS 01 Busung, ada yang salah total. Tertulis  21 namun sebenarnya 30. Tapi sudah direvisi saat pleno PPK,” katanya saat ditemui di Kantor Camat Seri Kuala Lobam dalam rapat rekapitulasi suara di tingkat PPK Seri Kuala Lobam.

Dari beberapa perbaikan dalam rapat rekapitulasi tingkat PPK ini, dia mengatakan, masih ada kemungkinan kursi ke 6 DPRD Bintan diraih caleg PAN.

“Ya kita tunggu sajalah,” tutup dia.

Dari data di KPU, jadwal rekapitulasi Penghitungan di Tingkat kecamatan se Kabupaten Bintan, untuk Kecamatan Bintan utara dan Seri Kuala Lobam serta Toapaya, Teluk Bintan, Bintan Pesisir dan Tambelan pada tanggal 19 April 2019. Kecamatan Mantang dan Teluk Sebong tanggal  20 April 2019. Sedangkan Kecamatan Gunung Kijang pada tanggal 18 April 2019. (met)