Kabar Pemkab

2 Mei, Caribbean Cruise Bawa 4 Ribu Turis ke Lagoi

Bupati Bintan, Apri Sujadi rapat koordinasi dengan manajemen kapal pesiar Caribbean Cruise dan manajemen PT BRC Lagoi di kantor Bapelitbang Bintan, Selasa (23/4). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Kapal pesiar Caribbean Cruise akan berlabuh di Perairan Bandar Bintan Telani (BBT), Lagoi pada 2 Mei nanti.

Kerennya, sebanyak 4 ribu wisatawan akan berwisata sekaligus berolahraga di objek wisata yang berada di Kabupaten Bintan.

“Kalau Genting Dream Cruise mengangkat konsep sport tourism atau olahraga berbasis wisata, sedangkan Caribbean Cruise dibalik. Konsepnya ialah tourism sport,” ungkap Bupati Bintan, Apri Sujadi saat rapat koordinasi bersama manajemen kapal pesiar Caribbean Cruise di Kantor Bapelitbang Kabupaten Bintan di Batu 5 Atas, Tanjungpinang, Selasa (23/4).

Apri mengharapkan, berlabuhnya kapal pesiar tidak semata meningkatkan angka kunjungan wisatawan. Namun, bisa berefek ke wisata lokal yang ada di Kabupaten Bintan.

Misalkan, wisata kuliner, sehingga wisatawan bisa menikmati kuliner khas tradisional Bintan misalkan gong-gong Sei Enam.

Selain itu, sangar-sangar seni yang ada di Kabupaten Bintan juga bisa ditampilkan.

“Jangan sibuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan saja, namun efeknya ke wisata, seni dan budaya lokal sangat kurang, “kata dia.

Selain itu, dia berharap, jumlah kamar di Lagoi bisa ditingkatkan. Saat ini, baru sekitar 2 ribu kamar, padahal setiap event, sekurangnya jumlah peserta mencapai 1.500 orang.

“Kami pemerintah selalu berupaya memberikan kemudahan-kemudahan investasi apalagi sudah ada KLIK, bisa konstruksi dahulu,” kata dia.

Dia juga mengharapkan, feri-feri yang mengantar dan menjemput turis di kapal pesiar dari pelabuhan BBT Lagoi bisa layak.

“Biar tak nampak jomplang banget, turun dari kapal pesiar asapnya (feri) ngebul. Sudah antara langit dan bumi,” kata dia.

Managing Director Asia Pasific Royal Caribbean Cruise, Angie Stephen mengatakan, saat ini Caribbean Cruise berlabuh di Singapura.

Seiring perkembangan di Singapura, katanya, pihaknya mencari peluang berlabuh lain.

“Kami memilih Bintan yang pertama di  Indonesia karena Bintan konsisten dalam mengembangkan pariwisata. Ke depan, kalau ini sukses kami akan kembangkan di wilayah Indonesia lainnya, “katanya.

Dia juga mengatakan, penumpang Caribbean Cruise sangat menyukai kebudayaan, kesenian dan kuliner lokal. Dia mencontohkan saat Caribbean Cruise berlabuh di Penang, Malaysia.

“Waktu ke Penang, 4 ribu penumpang ke darat, di situ berbagai makanan lokal dan kerajinan habis terjual. Ini juga akan berlaku di Bintan,” kata dia.

Dia juga mengatakan, pihaknya menyediakan 6 kapal semacam feri sendiri yang tandom dengan kapal pesiar Caribbean Cruise.

“Kita ada kapal sendiri, 1 kapal bisa memuat 120 orang,”kata dia.

Group General Manager (GGM) PT Bintan Resort Cakrawala (BRC), Abdul Wahab mengatakan Bintan merupakan destinasi pertama yang dikunjungi di Indonesia dan akan menjadi modal ke  destinasi-destinasi di wilayah lainnya di Indonesia.

Dikatakannya, ini merupakan cruise line terbesar di dunia.

“Kita harus bersyukur Caribbean Cruise datang ke Bintan. Ini sesuatu yang harus dibanggakan, “kata dia.(met)