Metro Bintan

Coblos Ulang, Partisipasi Pemilih Menurun

Alasan Karena Pelaksanaan di Hari Kerja

Seorang warga Desa Ekang Anculai memasukkan surat suara saat pencoblosan ulang di TPS 02 Desa Ekang Anculai, Kecamatan Teluk Sebong, Rabu (24/4). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Pemungutan suara ulang (PSU) khusus calon presiden dan calon wakil presiden yang dilaksanakan di 4 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Bintan pada Rabu (24/4) berjalan lancar.

4 TPS yang dilakukan pencoblosan ulang yakni TPS 02 Desa Ekang Anculai, Kecamatan Teluk Sebong, dan TPS 12, 13 dan 73 di Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur.

Hanya saja, angka partisipasi pemilih di pencoblosan ulang menurun dibandingkan pencoblosan serentak yang diselengarakan pada 17 April 2019 lalu.

Ketua KPPS TPS 02 Desa Ekang Anculai, Suyoko mengatakan, jumlah DPT di TPS-nya sekitar 260. Hanya sampai sekitar pukul 09.00 WIB, baru sebanyak 116 yang mendaftar.

Sementara Anggota Bawaslu Kabupaten Bintan, Dumoranto Situmorang mengatakan, sejauh ini pelaksanaan PSU di 4 TPS berjalan lancar. Logistrik juga sudah dikondiskan jauh hari.

Hanya menurut dia, angka partisipasi pemilih berkurang, disebabkan pencoblosan dilaksanakan hari kerja.

“Semoga saja siang banyak yang datang memilih, “katanya.

Dia juga mengatakan, undangan pemilih sudah disebar. Kendati demikian, ada undangan yang dipulangkan karena pemilihnya tidak ada di tempat.

Seorang warga Desa Ekang Anculai memasukkan surat suara saat pencoblosan ulang di TPS 02 Desa Ekang Anculai, Kecamatan Teluk Sebong, Rabu (24/4). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

“Ada sebagian dipulangkan karena orangnya tidak ada di tempat, “kata dia.

Sementara itu, Komisioner KPU Bintan, Haris Daulay mengakui, sejauh ini angka partisipasi pemilih tidak setinggi saat pencoblosan 17 April lalu. Seperti di TPS 13, dia menerima laporan angka partisipasi pemilih pada pencoblosan ulang sekitar 60 persen.

Sedangkan pelaksanaan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) di Kecamatan Tambelan katanya berjalan lancar.

Data dari KPU Bintan, yang diterima sore hari di TPS 73 Kelurahan Kijang Kota, dengan jumlah DPT 141 pemilih, diketahui pemilih yang menggunakan hak pilihnya pada saat PSU sekitar 79 pemilih. Artinya tingkat partisipasi mencapai 56 persen.

Kemudian di TPS 13 Kelurahan Kijang Kota DPT sebanyak 267, namun yang hadir menggunakan hak suaranya sekitar 171 pemilih.

Di TPS 12 Kelurahan Kijang Kota yang daftar pemilih 286 yang hadir 160.  Kemudian di TPS 02 Desa Ekang Anculai yang DPT sebanyak 266, sedangkan yang mendaftar sekitar 155. (met)