Kabar Pemkab

Air Mancur Bintan Diresmikan, Bernama “Tasik Tuah Gemilang”

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun disaksikan Sekda Provinsi Kepri Arif Fadilah, Bupati Bintan Apri Sujadi, Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, Ketua TP PKK Bintan Deby Maryanti meresmikan Air Mancur Bintan bernama “Tasik Tuah Gemilang” saat berlangsungnya malam ramah-tamah (Malam Ta’ruf), Jumat (26/4) jelang perhelatan STQH Ke VIII tingkat Provinsi Kepri. F.Dinas Kominfo Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Air Mancur Bintan yang terletak di tengah-tengah kolam Alun-alun Kota Kijang sejak beberapa bulan terakhir menjadi magnet bagi masyarakat. Bahkan kehadiran air mancur ini bisa dikatakan ‘viral’ tidak hanya bagi masyarakat Bintan, melainkan sampai ke daerah tetangga seperti Kota Tanjungpinang dan Kota Batam.

Usai pelaksanaan uji coba pada Desember 2018 dan Januari 2019 lalu, air mancur ini kemudian bisa dinikmati setiap akhir pekan (Sabtu malam dan Minggu malam). Warga masyarakat yang berdomisili di luar Bintan pun cukup sering datang berkunjung bersama keluarga maupun teman sejawat untuk menyaksikan keindahan pancuran air yang menari-nari dipadu dengan lampu berwarna-warni ini.

Setelah sekian lama percobaan, akhirnya Air Mancur Bintan ini diresmikan dan bernama ‘Tasik Tuah Gemilang’.

Peresmian ditandai dengan penekanan sirine oleh Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun, Sekdaprov Kepri Arief Fadilah, Bupati Bintan Apri Sujasi, Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, Ketua TP PKK BintanĀ  Deby Maryanti saat berlangsungnya malam ramah-tamah (Malam Ta’ruf), Jumat (26/4) jelang perhelatan STQH Ke VIII tingkat Provinsi Kepri.

Bupati Bintan saat ditemui seusai acara menyebutkan bahwa antusias masyarakat sangat-sangat besar dan positif atas kehadiran “Tasik Tuah Gemilang” yang telah menjadi salah satu icon Kabupaten Bintan ini.

Apri dengan yakin mengatakan bahwa kehadiran air mancur ini, selain menjadi icon di Bintan juga bisa memancing geliat pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Air mancur Bintan “Tasik Tuah Gemilang” yang telah diresmikan.F. Slamet Nofasusanto / Batam Pos

“Secara mekanismenya banyak proses yang harus dilalui. Dua kali kita uji coba, selanjutnya masih harus dilakukan beberapa hal lain sampai nantinya diresmikan. Tapi nyatanya masyarakat sangat merespon dan selalu menunggu air mancur ini kembali menari-nari. Untuk itu sambil melalukan finishing dalam segala halnya, air mancur ini tetap dihidupkan setiap akhir pekan, “paparnya.

Lebih lanjut Apri meminta kepada seluruh masyarakat untuk bisa memanfaatkan keberadaan air mancur ini dan bersama-sama untuk saling menjaganya.

“Alhamdulillah sudah bisa kita resmikan. Harapan kita tentunya bisa memberi dampak yang lebih besar bagi masyarakat. Dan tentunya, ayo kita jaga dan rawat bersama salah satu icon kebanggaan ini. Ini punya selurug masyarakat Bintan, “tambahnya.

Terkait nama “Tasik Tuah Gemilang”, tentunya melalui kajian dan pembahasan panjang juga memiliki makna yang besar.

Jika ditelaah dari segi bahasa, ‘tasik’ sendiri mempunyai makna kawasan air yang luas dan dikelilingi daratan. Sedangkan ‘tuah’ dalam KBBI diartikan sebagai keramat/berkat. Terkait ‘gemilang’, tentunya ini yang diharapkan seluruh masyarakat Kabupaten Bintan.(met)