Peristiwa

Otak Pengirim TKI Ilegal Diamankan di Sumsel

3 Bulan menjadi Buronan

Tersangka penyelundupan TKI Ilegal ke Malaysia diamankan pihak kepolisian di Lubuk Linggau, Rabu (11/4) lalu. F.Reskrim Polres Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Setelah 3 bulan menjadi buronan, akhirnya Satrekrim Polres Bintan mengamankan 1 orang pelaku yang diduga menjadi otak pelaku penyelundupan TKI ilegal ke Malaysia, M Agus Sofyan.

Kasus ini diungkap Polres Bintan pada Januari 2019 lalu, dimana polisi mengagalkan upaya penyelundupan TKI Ilegal ke Malaysia dengan menggunakan speedboat di Sei Kecil, Kecamatan Teluk Sebong.

Kasatreskrim Polres Bintan, AKP Yudha Suryawardhana menyampaikan, pelaku diamankan berkat kerja sama yang baik dengan Polres Lubuk Linggau, Provinsi Sumatera Selatan.

“Dari penyelidikan saat itu, tersangka diketahui berada di Jambi dan selalu berpindah pindah, “kata dia.

Kemudian Polres Bintan berkoordinasi dengan Polres Lubuk Linggau untuk melakukan penangkapan tersangka. Rabu (10/4) sekira pukul 19.30 WIB, tersangka diamankan.

Kemudian, Kamis (11/4), anggota Polres Bintan bergerak ke Polres Lubuk Linggau Provinsi Sumsel untuk menjemput tersangka.

Diberitakan sebelumnya, Januari lalu, anggota kepolisian menerima informasi adanya upaya penyelundupan TKI Ilegal ke Malaysia melalui Sei Kecil, Kecamatan Teluk Sebong.

“Saat itu setelah kita intai selama 3 hari, akhirnya datang mobil Avanza warna hitam menuju ke pinggiran sungai itu. Saat kita sergap, ada 5 orang TKI yang akan dikirimkan secara ilegal,” kata dia.

Saat itu, diamankan  1 orang yang diduga sebagai penyalur TKI yaitu Amirullah.

“Dari keterangan si Amir inilah, bahwa yang menyuruh adalah tersangka M Agus Sofyan,” kata dia.

Dia mengatakan, saat itu pihaknya sudah mendatangi rumah tersangka, namun tersangka sudah melarikan diri.

“Sudah 3 kali dipanggil, namun tersangka tidak hadir. Akhirnya ditetapkan DPO,” kata dia. (met)