Kabar Pemkab

Pembukaan STQH Kepri 2019 di Kijang – Bintan

Dimeriahkan Tarian Kolosal Bintan Gemilang

Tarian kolosal Bintan Gemilang memeriahkan pembukaan STQH Kepri 2019 di lapangan Antam Kijang, Sabtu (27/4) malam. F. Dinas Kominfo Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id РSTQH Kepri 2019 secara resmi dimulai. Pembukaan STQH Tingkat Provinsi ke VIII yang dihadiri Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Bupati Bintan Apri Sujadi, Wali Kota Tanjungpinang Syahrul, Bupati Natuna Hamid Rizal, Bupati Karimun Aunur Rafiq, Wali Kota Batam Rudi, Bupati Anambas dan pejabat terkait lainnya secara resmi memukul tabuh beduk saat pembukaan di Lapangan Antam Kijang, Kecamatan Bintan Timur,  Sabtu (27/4) malam.

Bupati Bintan, Apri Sujadi  menyampaikan rasa terima kasihnya atas kerja keras seluruh pihak penyelenggara guna kelancaran penyelenggaraan STQH Tingkat Provinsi Kepri 2109 di Kabupaten  Bintan.

Menurutnya, Kabupaten Bintan akan melakukan yang terbaik sebagai tuan rumah diperhelatan STQH Kepri 2019 tersebut.

“Dengan STQH ini, kita juga mengharapkan mampu mencetak Qori dan Qoriah yang sangat handal ke depannya dengan menjunjung tinggi nilai nilai islamiah, dan antusias seluruh masyarakat Bintan sangat menyambut baik STQH Tingkat Provinsi Kepri ke VIII ini, “ungkapnya.

STQH Tingkat Provinsi Kepri 2019 ini, Kabupaten Bintan menampilkan tarian Colosal “Bintan Gemilang” yang dibawakan oleh sekitar 200 penari lebih didepan masyarakat ramai.

Tarian Colosal Bintan Gemilang juga menceritakan tentang kedigdayaan Melayu Bintan yang dahulunya sebagai tempat persinggahan kaum dagang untuk jual beli. Para penari menari dengan membawa dayung sebagai simbol kemaritiman serta Cogan (simbol kebesaran) sebagai simbol kerajaan Melayu.

Latar persembahan tarian juga menceritakan bahwa Bintan juga dikenal dengan kerajaan kerajaan Melayu yang tumbuh dan berkembang sebagai suatu jalur destinasi perdagangan yang luas cakupannya hingga ke kerajaan Temasek (sekarang Singapura). (met)