Peristiwa

Habis Berjemur, Pasien Instalasi Kejiwaan RSUD EHD Kabur

Gedung yang digunakan untuk merawat pasien Instalasi Kejiwaan RSUD Engku Haji Daud (EHD) Provinsi Kepri di Tanjunguban. F. Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Seorang wanita yang menjalani perawatan di Instalasi Kejiwaan RSUD Engku Haji Daud (EHD) Provinsi Kepulauan Riau di Tanjunguban kabur pada Senin (29/4) pagi.

Kejadian bermula setelah perawat Instalasi Kejiwaan selesai mengembalikan pasien ke kamar setelah berjemur di bawah sinar matahari. Ternyata saat perawat mandi, si pasien justru menggunakan kesempatan tersebut untuk kabur.

Setelah kabur dari Rumah Sakit, pasien sempat mendatangi warung kelontong di bilangan jalan raya Indunsuri, Tanjungpermai, Kecamatan Seri Kuala Lobam. Si pasien juga mendatangi warung nasi tak jauh dari warung kelontong tadi.

“Dia tanya ke ibu pemilik warung nasi, Uban jauh tidak? Dia juga tanya kapal RoRo berangkat jam berapa? “kata seorang warga Lobam bernama Alam membenarkan kejadian itu.

Tidak lama, dia meminta baju ke pemilik warung tersebut. “Dia minta baju sama ibu pemilik warung. Sama ibunya dikasih baju gamis warna coklat dan uang Rp 20 ribu,” ungkap dia.

Beberapa saat kemudian, kata Alam beberapa petugas Rumah Sakit grasak-grusuk mencari pasien itu. Petugas malah sempat menanyakan keberadaan pasien yang mereka cari ke pemilik warung.

“Bu tadi ada nampak orang pakai baju biru, ada tulisannya pasien Kejiwaan Rumah Sakit, “kata warga Lobam ini menirukan kalimat dari petugas.

Seorang petugas Rumah Sakit enggan disebutkan namanya membenarkan pasien yang kabur ialah pasien yang dirawat di Instalasi Kejiwaan.

“Dia sudah menyebrang naik RoRo, tapi sudah ditemukan di Batam, “kata dia singkat.

Humas RSUD EHD Provinsi Kepri – Tanjunguban, Iranti belum berhasil dimintai penjelasan saat dihubungi, Senin (29/4) malam. (met)