Kabar Pemkab

Ratusan Buruh Bintan Peringati Hari Buruh di Pantai

Bupati Bintan Apri Sujadi menyerahkan santunan ke peserta yang mengalami kecelakaan kerja saat Hari Buruh yang diperingati di Pantai Dugong, Kawasan Trikora, Bintan, Rabu (1/5). F.Dinas Kominfo Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Ratusan buruh dari lima serikat pekerja di Kabupaten Bintan memperingati Hari Buruh pada Rabu (1/5).

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, peringatan Hari Buruh dengan melakukan aksi turun ke jalan, namun dua tahun terakhir peringatan Hari Buruh di Kabupaten Bintan dilakukan di pantai.

Tahun 2019, peringatan Hari Buruh dipusatkan di Pantai Dugong, Pantai Trikora, Kabupaten Bintan.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Bintan Apri Sujadi, Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, sejumlah Kepala OPD Kabupaten Bintan, Unsur Forkominda, Tokoh masyarakat serta unsur BPJS Ketenagakerjaan.

Ketua panitia acara peringatan Hari Buruh Bintab, Darsono yang juga ketua SPSI Bintan mengatakan, tidak ada aksi turun ke jalan dalam peringatan Hari Buruh kali ini.

Yang ada, lanjutnya, buruh bergembira di pantai menikmati berbagai perlombaan yang disiapkan panitia.

“Banyak lomba mulai tarik tambang, lomba joget dan doorprize juga banyak tersedia,” kata dia.

Dari peringatan Hari Buruh 2019 ini, dia berharap, hubungan lima serikat dengan pengusaha serta pemerintah tetap adem.

“Tetap guyup,” kata dia.

Sementara penasehat FKUI SBSI Bintan, T Sianturi mengharap politik ke depan lebih aman dan kondusif.

Selain itu, lanjut dia, proses penyederhanaan regulasi tetap dilaksanakan untuk meningkatkan daya saing tujuan investasi sehingga terbuka peluang bagi penyerapan tenaga kerja.

Bupati Bintan, Apri Sujadi menuturkan pentingnya membangun rasa kebersamaan bersama pekerja buruh agar lebih tahu permasalahan yang dialami para pekerja.

“Antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah perlu menjalin hubungan yang harmonis satu sama lain, hal ini agar terciptanya harmonisasi antara satu dengan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu,  Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Bintan, Indra Hidayat menuturkan bahwa hubungan kemitraan yang sehat dinamis diseluruh pihak tersebut tentunya akan berdampak positif, terutama pada peningkatan kesejahteraan pekerja.

Dimana pada akhirnya dunia usaha pun juga akan tumbuh. Karena, menurut nya seiring dengan hal tersebut akan menimbulkan dunia kerja yang kondusif dan nyaman, dimana  menurutnya para pekerja pun akan lebih bersemangat dalam beraktivitas.

“Kebersamaan itu penting, ini tentunya akan  memotivasi buruh untuk bekerja lebih baik lagi,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut,  Bupati Bintan H Apri Sujadi dan unsur terkait lainnya juga turut menyerahkan santunan ke peserta yang mengalami kecelakaan kerja. Ia juga mengharapkan setidaknya BPJS Ketenagakerjaan juga mampu memproteksi para pekerja buruh selama bekerja. Selain itu,  kegiatan juga dihibur dengan penampilan musik serta pembagian berbagai doorprize.

“Pemerintah juga akan turun mengawasi, agar perusahaan-perusahaan ikut mampu memproteksi karyawannya melalui BPJS Ketenagakerjaan,”  tutupnya. (met)