Metro Bintan

Tahapan Rekapitulasi Kabupaten Dijadwalkan 4 Mei

Petugas menjaga logistik di Kecamatan Toapaya sebelum dikirimkan kembali ke KPU Bintan, belum lama ini. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bintan menjadwalkan rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten Bintan akan digelar Sabtu (4/5) mendatang.

“Kalau tidak ada halangan, kita jadwalkan 4 Mei,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Bintan, Ervina Sari, Rabu (1/5).

Dia mengatakan, 10 kecamatan telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan. PPK terakhir yang menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara ialah PPK Bintan Timur.

“Rencananya hari ini (Rabu) jadwal pengiriman logistik ke KPU,” kata dia.

Dia juga membenarkan, hasil upload C1 hasil penghitungan (situng) sudah 100 persen di 4 Daerah Pemilihan (Dapil) yang ada di Kabupaten Bintan dengan jumlah 428 TPS.

Dari situng tersebut, diprediksi Partai Demokrat Bintan meraih kursi terbanyak dengan prediksi akan mendapatkan raihan 8 kursi. Jika sebelumnya Partai Demokrat Bintan hanya mendapatkan 6 kursi, saat ini bertambah 2 kursi menjadi 8 kursi.

8 kursi ini, meliputi Dapil 1 mencakup Teluk Sebong, Toapaya, Gunung Kijang dan Teluk Bintan dengan perolehan suara 11.680 atau sekitar 3 kursi.

Kemudian Dapil 2 meliputi Tambelan, Bintan Pesisir dan Mantang 1 kursi dengan raihan suara 4.035. Dapil 3 meliputi Kecamatan Bintan Timur diprediksi 2 kursi dengan memperoleh raihan sekitar 7.850 suara.

Demikian juga Dapil 4 Bintan Utara dan Seri Kuala Lobam 2 kursi dengan raihan suara 6.711 suara.

Dari situng C1 ini, Partai Golkar Bintan tetap mempertahankan 6 kursi dari 4 Dapil yang ada di Kabupaten Bintan.

Partai NasDem Bintan jika sebelumnya 1 kursi, saat ini diprediksi mendapatkan 4 kursi dari 4 Dapil yang ada di Kabupaten Bintan.

Sedangkan PDI Perjuangan tetapĀ  mendapatkan 3 kursi. Kemudian PKS dan Hanura Bintan sama-sama kehilangan 1 kursi. Bila sebelumnya PKS memperoleh 3 kursi, saat ini diprediksi 2 kursi. Sedangkan Hanura jika sebelumnya 2 kursi menjadi 1 kursi.

PAN juga kehilangan kursi. Jika sebelumnya ada 3 kursi, sekarang diprediksi menjadi 1 kursi. Sedangkan Partai Gerindra sebelumnya 1 kursi, saat ini diprediksi tidak mendapatkan kursi di DPRD Bintan. (met)