Pariwisata

Berlabuh Perdana di Bintan, Bawa 3.800 Turis

Dari Kapal Pesiar Royal Caribbean Cruise

Turis yang turun di Lagoi dari kapal pesiar Royal Caribbean Cruise saat berlabuh di perairan BBT Lagoi, Kamis (2/5). F. Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Kapal pesiar Voyager of the Seos Royal Caribbean Cruise untuk kali pertamanya berlabuh di perairan Lagoi, Bintan, Kamis (2/5).

Kapal pesiar tingkat dunia dari Royal Caribbean International ini membawa 3.800 penumpang dari berbagai negara.

Turis perdana yang turun dari kapal pesiar yang dijemput dengan kapal ferri tersebut, disambut hangat oleh Bupati Bintan Apri Sujadi, Vice President PT. Bintan Resort Cakrawala (BRC), Frans Gunara dan Managing Director Asia Pasific of Royal Caribbean Cruise, Angie Stephen. Para turis perdana tersebut menerima tanjak dan dikalungi bunga.

Kadisbudpar Bintan, Wan Rudi Iskandar optimis angka kunjungan wisatawan mancanegara, dimana Kemenpar RI menargetkan untuk Kabupaten Bintan sekitar 700 ribu, akan tercapai.

Kehadiran kapal pesiar Royal Caribbean Cruise, diyakini dirinya bisa mendongkrak angka kunjungan wisatawan di Kabupaten Bintan.

“Kalau kemarin sudah ada Genting Dream Cruise, hari ini kita menyambut kedatangan Royal Caribbean Cruise,” kata dia.

Dia mengatakan, saat ini, kapal pesiar kedua yang berlabuh di Perairan Lagoi ini membawa sekitar 3.800 penumpang dari berbagai negara diantaranya Singapura, Tiongkok, India, Jepang, Korea dan berbagai negara lainnya. Dari 3.800 penumpang yang diangkut Royal Caribbean Cruise, sekitar 1.500 orang penumpang akan turun ke pelabuhan Bandar Bintan Telani (BBT) Lagoi.

Dari penumpang yang turun, dia mengatakan, pihaknya dan PT. BRC sebagai pengelola Kawasan Pariwisata Bintan Resorts Lagoi bekerjasama dengan sejumlah tour and travel telah menyediakan paket-paket wisata. Sehingga penumpang yang turun bisa menikmati beragam destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bintan.

“Sudah ada tour guide, jadi mereka bisa dipandu ke sejumlah destinasi wisata menarik di Bintan, bahkan kita sudah siapkan 40 sampai 60 bus untuk mengangkut mereka ke sejumlah destinasi wisata di Bintan,” kata dia.

Tidak hanya di menikmati keindahan pantai dan wahana menarik di Kawasan Pariwisata Bintan Resorts Lagoi, mereka juga bisa ke destinasi wisata desa yang ada di Kabupaten Bintan. Diantaranya wisata mangrove dan lainnya.

“Ke depan kita akan konsep wisata melihat Suku Laut di Berakit, kemudian mengunjungi wisata di Tanjungpinang,” kata dia.

Dari penumpang yang turun, dia juga mengatakan, ada yang menginap di hotel and resorts di Kawasan Pariwisata Bintan Resorts Lagoi.

“Kita harapkan kerja sama ini berkelanjutan. Tahun ini, kontrak perjalanan mereka ke Bintan 42 kali perjalanan,” kata dia.

Bupati Bintan, Apri Sujadi menuturkan kedatangan kapal pesiar Royal Caribbean Cruise otomatis akan meningkatkan jumlah angka kunjungan wisatawan ke Bintan.  Kunjungan tersebut juga nantinya akan berimbas pada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kapasitas kapal lebih besar, tentunya jumlah kunjungan wisatawan asing ke Bintan juga akan meningkat. Akan ada sekitar 3000 wisman yang akan ke Bintan setiap pekannya melalui kapal pesiar Royal Caribbean Cruise ini,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Manager Asia Pasific AVP Royal Caribbean Cruises Pte Ltd, Angie Stephen mengatakan dirinya mengharapkan wisman akan mendapatkan pelayanan yang maksimal selama berada di Bintan.

“Kalau wisatawan merasa aman dan nyaman di daerah yang dikunjungi. Pasti mereka akan kembali lagi begitu juga dengan kami,” ucapnya.

Dari 4.000-5.000 penumpang yang dibawa Kapal Caribbean Cruises. Terbanyak dari Filipina, India, Jepang, dan Cina selebihnya negara-negara lain dari beberbagai benua.

Bintan merupakan wilayah di Indonesua yang pertama kalinya disinggahi. Jadi dalam kunjungan perdana tersebut, kapal pesiar ini tidak hanya sekedar mendukung kunjungan wisatawan saja. Tetapi juga membantu ekonomi daerah yang dituju.

“Pernah 4.000 wisatawan turun ke darat. Mereka semua membeli kuliner dan berbelanja dengan sangat banyak. Sehingga daerah yang dituju sangat terkejut dan senang. Begitu juga yang akan kami lakukan di Bintan,” katanya.

Kapal pesiar ini memiliki 6 kapal ferry untuk mengantar dan menjemput para penumpang.

Kapasitas kapal ferry itu, kata Angie, mampu menampung 200-an orang sehingga dalam satu kali keberangkatan bisa membawa sekaligus 1.200 orang.

“Kami bekerja secara profesional. Jadi kami inginkan hal yang sama juga. Jika berlanjut kami akan membawa wisman lebih banyak lagi ke sini,” tutupnya.

Sementara itu, Group General Manager (GGM) PT. BRC, Abdul Wahab mengatakan, penumpang kapal pesiar Royal Caribbean Cruise menikmati perjalanan selama 3 malam. Perjalanan ini dimulai dari Singapura, kemudian bersandar di Port Klang, Kuala Lumpur, Malaysia.

“Hari ini mereka perdana ke Bintan,” kata dia.

Dia mengatakan, kapal pesiar Voyager of the Seos Royal Caribbean Cruise akan bersandar lagi di Pulau Bintan pada tanggal 5, 12 dan 19 Mei 2019.

Dijelaskannya, kapal yang memiliki 15 lantai ini menawarkan berbagai kegiatan dan hiburan eksklusif untuk para tamu seperti arena bermain ice-skoting, dan arena olahraga seukuran asli dan dilengkapi dengan Flow Rider surf simulator dan dinding panjat tebing.

Di dalam kapal tersaji makanan di ruang makan utama dan restoran prasmanan Windjammer Cafe yang menyajikan beragam masakan Internasional selera Asia.

Dia juga mengatakan, selama berlabuh di Lagoi, penumpang dapat menikmati paket wisata misalkan menikmati pemandangan indah atau mengenal budaya yang ada di Pulau Bintan.

Bintan Resorts, katanya yang terkenal dengan pantai pasir putih dan memiliki 13 hotel dan resort juga menawarkan banyak atraksi yang dapat dinikmati penumpang Royal Caribbean Cruise saat turun dari kapal.

Diantaranya terdapat olahraga air dan laut seperti Crystal Lagoon Treasure Bay, kolam renang air laut terbesar di Asia Tenggara, kemudian ada 4 lapangan golf dengan desain yang berbeda, berbagai pijat tradisional dan terapi spa khas Indonesia, wisata mengunjungi hutan bakau dan wisata jalan kaki Safari Lagoi menikmati keindahan alam.

Di luar kawasan Bintan Resorts Lagoi, penumpang juga dapat menikmati paket perjalanan selama delapan jam menjelajahi pesisir pantai Trikora dan berkeliling ke objek wisata di Tanjungpinang.

Sementara itu, Gubernur kepulauan Riau, Nurdin Basirun menaiki kapal pesiar Royal Caribbean Cruise sekitar pukul 11.00 WIB.

Nurdin sempat berbincang dengan kapten kapal Wu Huimin di atas kapal. Bahkan mereka sempat melakukan pertukaran plakat.

“Semoga bisa berkelanjutan dan banyak membawa turis,” kata Nurdin. (met)