Kabar Pemkab

Bupati Ajak Warga Jadikan Masjid Tempat Silaturahmi

Bupati Bintan, Apri Sujadi saat ziarah ke TPU di Kijang, Kecamatan Bintan Timur pada Minggu (5/5) pagi. F.Dinas Kominfo Bintan untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Jelang Ramadan1440 H, sejumlah lokasi pemakaman umum ramai didatangi umat muslim untuk berziarah dan mendoakan keluarga mereka yang telah meninggal dunia. Melakukan ziarah kubur merupakan tradisi umat muslim Indonesia sebelum memasuki bulan suci Ramadan.

Bupati Bintan, Apri Sujadi sendiri saat ditemui, menuturkan bahwa ziarah kubur merupakan rutinitas dan menjadi tradisi khas masyarakat Melayu saat memasuki bulan suci Ramadan serta memanjatkan doa bagi orang yang sudah mendahului.

Selain itu, sempena memasuki bulan suci Ramadan 1440 H, dirinya juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk saling bermaaf-maafan.

“Saling bermaaf-maafan, sucikan hati dan kita sambut ramadhan dengan penuh kebahagiaan,” ujarnya di Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Minggu (5/5) pagi.

Selain itu, ia juga mengatakan ada tiga hal yang harus dilakukan sebagai seorang muslim dalam menyambut bulan suci Ramadan yaitu meminta maaf kepada kedua orang tua, saling memaafkan antara suami istri, serta bermaaf-maafan sesama tetangga atau sesama muslim.

“Sambut Ramadan dengan saling bermaaf-maafan, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan,  jadikan masjid tempat beribadah, berkumpul, dan tempat bersilaturahmi antar sesama,” tutupnya. (met)